Ketua DPR Tinjau Operasi Katarak Gratis di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang

Ketua DPR RI Puan Maharani (masker Hitam)

BlogGua, Babel - Dalam kunjungan kerjanya di Pangkalpinang, Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau kegiatan operasi katarak gratis. Ia pun mendorong percepatan program Penanggulangan Gangguan Pengelihatan dan Kebutaan.

Acara Operasi Katarak gratis diselenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan (PDIP) Kepulauan Bangka Belitung di RSUD Depati Hamzah, Pangkalpinang, Senin (20/6/2022). Sedikitnya ada 1.000 warga Babel yang mengikuti kegiatan operasi Katarak gratis ini.

Pada kesempatan tersebut, Puan turut melihat pelaksanaan operasi Katarak di ruang operasi. Ia juga berbincang dengan sejumlah warga yang tengah menunggu keluarganya dioperasi Katarak.

Tak hanya itu, Puan pun sempat mengecek kondisi pasien sebelum dan sesudah dioperasi. Ia berdialog dengan salah satu pasien yang sedang menunggu giliran dioperasi bernama Ibu Anisa.

“Tahu dari mana ada acara operasi gratis ini ibu?” tanya Puan.

Anisa yang akan dioperasi mata kirinya mengaku memang selalu mengikuti informasi karena operasi Katarak gratis merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh DPD PDIP Babel. Anisa sebelumnya juga mengikuti program yang sama untuk mata sebelah kanannya.

“Saya senang, dan mau ikut operasi lagi karena tidak dipungut biaya. Tetangga-tetangga saya juga tahu ada aksi PDIP ini. Mereka mau datang dan ikut juga, tapi sebagian masih pada takut operasi, Bu,” jawab Anisa.

Puan lalu mengimbau kepada masyarakat yang mengalami gangguan pengelihatan akibat Katarak untuk jangan ragu memanfaatkan fasilitas dari PDIP. Apalagi partai pimpinan Ketum Megawati Soekarnoputri itu mendatangkan dokter-dokter spesialis mata terbaik untuk memaksimalkan kegiatan operasi Katarak Gratis.

“Dokter spesialis mata-nya langsung didatangkan dari Bandung, Jawa Barat, dan turut bergotong-royong dengan berbagai pihak termasuk Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” kata Puan.

Ketua DPP PDIP itu juga mengimbau masyarakat yang memiliki keluarga dengan penyakit Katarak, terutama lansia, agar mengajak mereka segera menjalani pengobatan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, kata Puan, adalah dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial seperti yang dilakukan PDIP.

“Anugerah untuk melihat melalui mata adalah salah satu anugerah yang luar biasa dari Yang Maha Kuasa. Dengan mata kita dapat melihat indahnya dunia,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

“Di sini saya diberi tahu banyak peserta operasi Katarak gratis adalah lansia. Dengan mata, kita dapat melihat anak-cucu kita. Dengan mata kita juga bisa membaca kitab suci, memenuhi kebutuhan rohani dalam hati melalui membaca ayat-ayat suci dengan mata kita,” imbuh Puan.

Mantan Menko PMK itu pun menyoroti tingkat kebutaan di Babel yang mencapai 3% di mana 85% di antaranya disebabkan karena Katarak. Oleh karenanya, Puan menyebut, PDIP ikut berpartisipasi membantu Pemerintah dalam rangka percepatan program Penanggulangan Gangguan Pengelihatan dan Kebutaan.

“Karena tentu berat bagi kita jika pengelihatan kita terganggu dengan penyakit seperti Katarak di mata. Tetapi memang biaya operasi Katarak bisa tidak terjangkau oleh banyak orang,” ungkapnya.

“Karena itu PDI Perjuangan sebagai partai pembela wong cilik, partai yang membantu rakyat, mengadakan operasi Katarak gratis hari ini di Bangka Belitung,” sambung Puan.

Cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut berharap operasi Katarak gratis yang diselenggarakan oleh PDIP dapat bermanfaat bagi warga. Puan menegaskan, PDIP akan terus bekerja untuk kebaikan dan kesejahteraan rakyat.

“Mari bersama-sama kita melihat indahnya dunia dan wajah dari orang-orang yang kita sayangi,” pungkasnya. (*/)