Jamaah Haji Bumi Secancanan Diberangkatkan

Suasana keberangkatan Jama'ah Haji

BlogGua, Lampung - Jamaah Calon Haji Kabupaten Pringsewu tahun 2022 secara resmi diberangkatkan dan dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi, mewakili Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah di depan kantor pemkab setempat, Ahad (19/06/22) pagi.

Acara pelepasan dihadiri Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Kepala Kementerian Agama Pringsewu Ahmad Rifa'i, jajaran pemerintah daerah dan forkopimda, Ketua MUI Pringsewu KH.Hambali, para pengurus KBIH serta tokoh-tokoh agama.

Sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi mengatakan untuk mendapatkan haji yang mabrur, harus diawali dengan niat yang tulus dan ikhlas, diikuti dengan melaksanakan seluruh rangkaian manasik haji sesuai dengan tuntunan yang ada.

Pihaknya juga meminta seluruh jamaah calon haji selama di tanah suci agar fokus pada rukun haji maupun wajib haji. Sedangkan untuk ibadah sunah agar disesuaikan dengan kemampuan fisik.

"Termasuk manakala ada kesempatan untuk mencium hajar aswad, agar juga memikirkan keselamatan jiwa. Sebab, menjaga keselamatan jiwa adalah hukumnya wajib sementara mencium hajar aswad itu hukumnya sunah,"ujarnya.

Sekda berharap para Jamaah Calon Haji Kabupaten Pringsewu diberikan kesehatan dan kelancaran sehingga nanti pulang kembali ke tanah air mendapatkan predikat sebagai haji yang mabrur dan mabrurah.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Pringsewu Ahmad Rifa'i mengungkapkan para Jamaah Calon Haji Kabupaten Pringsewu telah mendapat pembinaan manasik haji dari Kantor Kemenag Pringsewu sebanyak 6 kali, dengan rincian 2 kali di tingkat kabupaten dan 4 kali di tingkat kecamatan.

"JCH Pringsewu nantinya akan bergabung bersama dengan JCH Lampung Selatan dan Mesuji, yang akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah menggunakan maskapai Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5049,"ungkapnya.

Jamaah Calon Haji Kabupaten Pringsewu tahun 2022 mencapai 128 orang, ditambah 1 petugas TPHD. Mereka berasal dari KBIH Pringsewu sebanyak 29 orang, KBIH Nurul Huda sebanyak 22 orang, KBIH Baitut Tanwil 28 orang, KBIH Ahmad Dahlan sebanyak 17 orang dan secara mandiri 2 orang, yang kesemuanya tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 26.

Sebagai Jamaah Calon Haji tertua dari Kabupaten Pringsewu adalah Tukimin Nursi Mat Basari, berusia 64 tahun 7 bulan, sedangkan yang  termuda adalah Reni Savita Sari, berusia 32 tahun 7 bulan. (Kmf/ Anton Hapsara)