Syafi'i Hadiri Pembinaan Manasik Haji Kemenag Tanggamus

Suasana acara

BlogGua, Lampung - Wakil Bupati Tanggamus, Hi. AM Syafi'i menghadiri sekaligus membuka kegiatan acara Pembinaan Manasik Haji Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanggamus Th. 1443 H/2022 M di Komplek Islamik Center Kota Agung, Tanggamus, lampung, Senin (23/05/2022). 

Dikesempatan tersebut, Syafi'i mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan pembinaan manasik haji tersebut, yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus.

"Ini merupakan kegiatan kita yang pertama setelah Masa Pandemi Covid-19 kita tidak melaksanakannya,"jelasnya.

Lanjut Syafi'i, pelaksanaan kegiatan Manasik Haji ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada jama'ah calon haji mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar, sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji.

"Melalui Manasik, para calon jama'ah haji akan mendapatkan pembekalan tentang tata laksana haji. oleh karenanya, kepada calon peserta Saya harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik, Manasik Haji ini merupakan gladi resik atas pelaksanaan haji ditanah suci,"tuturnya.

Selain itu Syafi'i mengucapkan selamat kepada seluruh Jamaah Calon Haji Kabupaten Tanggamus yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan Ibadah Haji tahun ini.

"Kita semua yang mendapat kesempatan ke tanah suci tahun ini sudah sepantasnya bersyukur. Karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang belum mendapat kesempatan dan menunda keberangkatannya karena berbagai hal terlebih dimasa Pandemi,"ungkapnya.

Oleh karenanya, Syafi'i meminta semua agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental.

"Dengan demikian para jama'ah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna,"ujarnya mengakhiri.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag, H. Mahmuddin Aris Rayusman dalam laporannya mengatakan, kegitaan Pembinaan manasik haji ini dilaksanakan dua hari dari tanggal 23-24 Mei 2022 yang bertempat di gedung fasilitas utama Islamic Center Kota Agung yang bersumber dari dana kegiatan bimbingan manasik haji kabupaten tanggamus, dari BPIH pusat dan DIPA kantor Kemenag Kabupaten Tanggamus dan jumlah jama'ah haji yang akan di berangkatkan yaitu 158 jamaah yang terdiri dari 63 orang laki laki dan 95 jamaah perempuan.

"Kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat kabupaten tanggamus mohon doa dan suport nya dalam keberangkatan jamaah haji pada tahun ini nanti, Semoga Allah meridoi dan memberikan kemudahan serta keselamatan bagi kita semua, khususnya jamaah haji yang akan di berangkatkan tahun ini,"pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan, Asisten I Bidang Pemerintahan Faturrahman, Forkopimda, OPD, Perwakilan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung yang di wakili Kabid PHU, Kepala Kantor Kankemenag Dr. H. Mahmuddin Aris Rayusman, M.Pd.I, Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra, Uspika Kecamatan, Seluruh Pejabat dilingkungan Kemenag Kabupaten Tanggamus dan Seluruh Jamaah Haji yang ikut dalam pembinaan manasik haji. (kmf)