Bunda Dewi Terima Audiensi Bujang dan Mulli Enton Kebandakhan Talang Padang

Suasana Audiensi

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, menerima Audiensi dari Bujang Enton dan Mulli Enton Kebandakhan Talang Padang Marga Gunung Alip yang membawahi Mulli Mekhanai 27 Penyimbang Adat di Rumah Dinas Bupati Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Rabu (06/04/2022).

Suttan Paksi Marga Bandakh Gunung Alip, mewakil mulli mekhanai menyampaikan, Visi dan misi mereka menyatukan mulli mekhanai kebandakhan talang Padang, mempererat mulli mekhanai talang Padang Marga gunung Alip, dan tujuannya melestarikan adat budaya Talang Padang. Karena beberapa tahun yang lalu sempat vakum.

"Kami juga siap untuk ikut membangun Tanggamus, kami berharap mulli mekhanai kebandakahn Talang Marga Gunung Alip agar dilibatkan dalam program yang ada di Tanggamus, khususnya kegiatan adat budaya,"harapnya.

Selain itu juga, mereka berharap apapun kegiatan adat budaya agar ikut andil dalam kegiatan tersebut, apapun kegiatan yang berhubungan dengan Pemkab Tanggamus dapat bersinergi bekerjasama dengan tanggamus serta agar anak - anak muda bisa mempunyai kegiatan yang positif.

Sementara menanggapi hal tersebut, Bunda Dewi kerap disapanya Bupati Tanggamus, dalam kesempatan itu menyampaikan, Forum mulli mekhanai Kebandakhan Galang Padang Marga Gunung Alip harus diaktifkan kembali.

"Bunda berharap agar bergerak untuk membangkitkan lagi adat budaya Lampung. Eksistensinya harus melestarikan adat budaya tidak tergerus oleh perkembangan zaman,"ujarnya.

Dengan adanya Mulli Mekhanai Kebandakhan Talang Padang diaktifkan kembali, jelas bunda, otomatis akan membangkitkan seni budaya.

"Bunda mengapresiasi dan siap mendukung dan kami juga punya program dan harapan terkait dengan budaya,"tuturnya.

Disamping itu, Bunda Dewi juga berharap agar mereka harus aktif melakukan pembinaan kegiatan yang sifatnya positif serta bagaimana keberadaan mulli mekhanai kebandakhan Talang Padang ini dapat bereksistensi terkait program Tanggamus .

"Seperti sosialisasi masalah pandemi Covid-19 kepada masyarakat, UMKM-nya , kegiatan sosial dan program lainnya harus berjalan,"pungkasnya.

Hadir juga mendampingi Bupati Tanggamus dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Drs. Hamid Heriansyah Lubis, Asisten Bidang Pemerintahan Faturrahman, Sekwan DPRD Sabaruddin, Bu Mei dari Dinas Pariwisata, Suttan Paksi Marga Bandakh Gunung Alip, tokoh adat, serta Mulli Mekhanai kebandakhan Talang Padang Marga Gunung Alip. (kmf)