Pemprov Lampung Gelar Rapat Percepatan Implementasi Program KPB

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi (tengah)

BlogGua, Lampung - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar Rapat dalam rangka  Pelaksanaan Program Kartu Petani Berjaya, di Mahan Agung, Bandar Lampung, Lampung, Senin (14/02/2022).

Arinal Djunaidi mengatakan, program Kartu Petani Berjaya ini adalah konsep dalam membangun  pendapatan ekonomi Provinsi Lampung.

"Program Kartu Petani Berjaya (KPB) ini merupakan program unggulan Provinsi Lampung dengan menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama,"urainya saat didampingi Sekertaris Daerah, Fahrizal Darminto memimpin rapat.

Selain itu, dijelaskannya, KPB bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui aplikasi digital yang membuat kebutuhan petani dan dukungan yang dapat diberikan kepada petani dan dukungan yang dapat diberikan kepada petani terkait kebutuhan sarana dan prasarana pertanian seperti benih, pupuk, pembiayaan dan kelembagaan.

"Pelaksanaan program KPB, diantaranya yaitu membuat rancangan proses bisnis (Tata Laksana) dan arsitektur sistem e-KPB, mengembangkan aplikasi e-KPB versi 2022 yang terintegrasi dan terpadu serta melakukan input/upload data ke aplikasi e-KPB terkait alokasi pupuk subsidi masa tanam I, II dan III,"paparnya.

Disamping itu, Dia memaparkan, manfaat dari e-KPB yaitu untuk mendapatkan kepastian dalam ketersediaan Sarana Produksi untuk masing-masing sektor bidang Pertanian dalam arti luas, mendapatkan kepastian atas kualitas Sarana Produksi, mendapatkan informasi terkait bantuan, subsidi atau Program Pemerintah, baik Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota, mendapatkan kemudahan permodalan, baik dari Bank atau lembaga keuangan lainnya.

Hadir dalam rapat tersebut, Asisten Pemerintahan & Kesra , Plt. Asisten Perekonomian & Pembangunan, Kepala Bappeda, Kepala BPBD, Kepala BPKAD, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan & Kebudayaan, Kadis Sosial, Kadis PMDes & Transmigrasi Kadis Perhubungan, Kadis Kelautan & Perikanan, Kadis Pertenakan & Keswan, Kadis Kominfo & Statistik, Dirut RSUDAM, Kasat Pol PP, Karo Perekonomian, Plt. Kadis Perkebunan, Kabid Pada Kesbangpol, Kabid Pada dinas KPTPH. (kmf).