Tingkatkan Produktivitas Kopi, Pemkab Way Kanan Gandeng PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, SH.,MH

BlogGua, Way Kanan - Pada saat ini telah terjadi pergeseran permintaan dari konsumen kopi terhadap mutu dan cita rasa kopi yang lebih baik, dengan adanya jaminan mutu yang pasti, ketersediaan dalam jumlah yang cukup dan pasokan yang tepat waktu, serta berkelanjutan juga merupakan beberapa syarat yang dibutuhkan agar biji kopi dari Kabupaten Way Kanan dapat dipasarkan pada tingkat harga yang lebih menguntungkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya saat menghadiri Acara Penandatanganan Naskah Kesepahaman Antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan dengan PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Way Kanan, Kamis (13/01/2022).

"Untuk itu, dalam upaya meningkatkan kapasitas dan pengetahuan tentang praktik budidaya kopi berkelanjutan dan praktik manajemen penanganan pasca panen yang baik, serta meningkatkan produktivitas kopi berkelanjutan di Kabupaten Way Kanan,"imbuhnya.

Dijelaskan Adipati, Pemkab Way Kanan berharap terjalinnya kerja sama dengan PT. Sari Makmur Mandiri selaku perusahaan yang bergerak dalam bidang industri pengolahan biji kopi, dapat memperkuat manajemen petani dan  kelompok tani yang akan dilibatkan dalam program menuju pada produksi kopi yang berkelanjutan dan memenuhi prinsip dan kriteria sertifikasi kopi berkelanjutan.

"Terlaksananya program ini tentunya memerlukan kerjasama dan dukungan dari pihak- pihak yang terkait, Camat, Kepala Kampung, tenaga pendamping perkebunan kiranya dapat membantu terlaksananya program ini di lapangan dan saling berkoordinasi agar kegiatan dapat berjalan baik dan lancar,"pintanya. 

Atas nama pemerintah Kabupaten Way Kanan, Adipati mengucapkan terimakasih kepada PT. Sari Makmur Mandiri atas program yang akan dilaksanakan.

"Harapan kami dapat mendorong petani dalam membangun kekuatan organisasi, menetapkan posisi tawar, meningkatkan kualitas produksi dan praktik kopi berkelanjutan, sehingga petani kopi di Kabupaten Way Kanan dapat berdaya secara ekonomi, sosial dan lingkungan,"pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, General Manajer PT Sari Makmur Tunggal Mandiri beserta Tim., Staf Ahli Bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Fungsional dan Pengawas di lingkungan pemerintah Kabupaten Way Kanan, Ketua KTNA Way Kanan, Camat Rebang Tangkas, Kepala Kampung, Ketua Gapoktan, Ketua Kelompok Tani Se-Kecamatan Rebang Tangkas, Pimpinan IKM Kopi Tiyuh. (Diskominfo Way Kanan)

0 Komentar

Silahkan Komentar