Forkopimda Lampung Barat Gelar Rakor, Persiapan Sambut Kehadiran Presiden

Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus (topi Merah)

BlogGua, Lampung Barat - Dalam rangka persiapan kunjungan Presiden RI, Joko Widodo ke Kabupaten Lampung Barat, dan membahas terkait penanganan konflik gajah yang terjadi di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS). Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lampung Barat gelar Rapat Koordinasi (Rakor) di tengah-tengah perkebunan jeruk milik Pak Solihin tepatnya berada di Pemangku Way Heni Pekon Hanakau Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat, Rabu (19/01/2022).

"Rakor ini persiapan untuk penyambutan Presiden ke Provisi Lampung, salah satunya di Kabuapten Lampung Barat, mudah-mudahan apa yang kita siapkan ini bisa disetujui oleh pihak tim kepresidenan,"tutur Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus diawal sambutan.

Terkait penyambutan Dandim 0422/LB Letnan Kolonel Czi Anthon Wibowo yang beberapa waktu lalu yang sempat tertunda, Parosil menghaturkan permohonan maaf karena baru dapat melakukan penyambutan bersamaan dengan berlangsungnya acara Rakor tersebut.

"Dandim 0422/LB Letnan Kolonel Czi Anthon Wibowo bertugas di Lampung Barat kurang lebih sudah satu bulan, tetapi mohon maaf belum sempat melakukan penyambutan khusus. Biasanya jika ada pergantian pejabat, Pemda Lampung Barat melakukan penyambutan serah terima temu pamit, tapi berhubung Pak Bupati kemarin ada acara di Jakarta, sehingga baru dapat dilakukan penyambutan bersaman Rakor ini," tutur Parosil.

Dalam rangka menyambut kedatangan pak dandim ini, Parosil mendo'akan, mudah-mudahan pak Dandim bertugas di Lampung Barat ini selalu diberi kesehatan, kekuatan dan kemampuan untuk dapat bersinergi untuk mewujudkan Lampung Barat Hebat, Lampung Berjaya dan Indonesia maju.

Sementara terkait konflik gajah yang terjadi di Kecamatan Suoh dan BNS, dalam penangananannya Parosil mengutarakan telah mengintruksikan jajarannya untuk berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Ketua Komisi IV DPR RI dan Balai Provisi Lampung untuk meminta solusi mengenai persoalan tersebut.

"Pak Bupati sudah memerintahkan kepada Pak Sekda dan Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan juga didukung oleh dinas perkebunan untuk berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan juga Ketua Komisi IV DPR RI dan juga pihak Balai di Provinsi Lampung, bagaimana solusi penanganan dari konflik gajah yang ada di Bandar Negeri Suoh,"jelasnya.

Kemudian Parosil menyinggung capaian vaksinasi covid-19 di Kabupaten Lampung Barat telah menyentuh angkat 85% lebih. Akan tetapi Parosil menuturkan capaian target vaksinasi untuk Lansia belum mencapai target, sehingga Parosil meminta petugas vaksinasi untuk melakukan strategi jemput bola.

"Saya sudah memerintahkan Pak Sekda untuk mengundang seluruh camat dan seluruh Kepala Puskesmas terkait dengan capaian vaksinasi covid-19 untuk sasaran Lansia. Karena kita baru mencapai di angka 61% sehingga akan kita lakukan jemput bola datang langsung dari rumah ke rumah termasuk juga kita memberikan pemahaman-pemahaman terhadap keluarga dan anak-anaknya,"paparnya.

Parosil mengatakan, Rakor yang dilaksanakan di ruang terbuka Kebun Jeruk itu ditujukan agar terciptanya suasana relaksasi dan kenyamanan, sekaligus dalam rangka mempromosikan kebun jeruk milik Pak Solihin yang bibitnya berasal dari bantuan Pemkab Lampung Barat.

Parosil pun menuturkan, poin penting dalam Rakor itu adalah untuk menjalin koordinasi dan kolaborasi dengan lembaga vertikal secara baik.

 "Tujuannya, bagaimana kita menjalin koordinasi yang baik dengan lembaga vertikal yang dalam hal ini pihak TNI, Polri, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama,"imbuhnya.

Parosil berharap dengan terjalinnya koordinasi yang baik dengan bersatu dalam kesatuan gerak, dapat menuntaskan target capaian kerja yang belum terselesaikan.

"Saya Bupati dan Wakil Bupati masa jabatan satu tahun lagi, menurut kami empat tahun di masa kepemimpinan kami sudah memberikan kinerja baik, namun perlu kita tingkatkan dan pertahankan untuk menuntaskan target kerja yang belum terselesaikan,"pungkasnya.

Sebagai informasi, Dalam Rakor itu, Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus mengatakan Presiden RI Joko Widodo akan berkunjung ke Kabupaten Lampung Barat pada bulan Juni 2022 mendatang dalam acara panen raya kopi yang dipusatkan di Pemangku Cenggiring Pekon Kembahang, Kecamatan Batu Brak.

Tampak hadir dalam kegiatn tersebut, Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Dandim 0422/LB Letnan Kolonel Czi Anthon Wibowo, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, Kapolres Lampung Barat AKBP Hadi Saepul Rahman, Ketua Pengadilan Negeri Liwa Ahmad Budiawan, Ketua Pengadilan Agama Krui Sri Nur'ainy Madjid,  Kepala Kementerian Agama Lampung Barat Maryan Hasan, Staf Ahli Bupati, Assisten, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Sukau serta Peratin setempat. (Diskominfo Lambar)