Diharapkan, Pelaku Usaha di Lampung Terapkan Pelayanan Aplikasi PeduliLindungi!

Asisten Bidang Pemerintaham dan Kesra, Qudratul Ikhwan (tengah)

BlogGua, BANDAR LAMPUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengaharapkan Pelaku Usaha menerapkan pelayanan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini menjadi salah satu syarat wajib fasilitas publik di wilayah Lampung.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintaham dan Kesra, Qudratul Ikhwan mewakili Gubernur Lampung Arinal Djuniaidi dalam acara Sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 58 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi di Gedung Pusiban, Senin (10/01/2022).

Diharapkan dengan sosialisasi Pergub ini bisa mengoptimalkan penegakan pemanfaatan aplikasi tersebut di tempat publik diantaranya fasilitas umum, fasilitas hiburan, pusat perbelanjaan, restoran dan tempat wisata serta pusat keramaian lainnya.

“Adapun tempat publik yang wajib memasang Aplikasi PeduliLindungi diantaranya Fasilitas Umum, Fasilitas Hiburan, Pusat Perbelanjaan, Restoran dan Tempat Wisata, Hotel, Cafe, serta Pusat Keramaian lainnya,” ujar Qudratul Ikhwan.

Qodratul menambahkan, sosialisasi ini dilakukan kepada stakeholder baik pelaku usaha maupun para Kadis dari Kabupaten/Kota.

“Jadi dengan sosialisasi ini Pemprov Lampung berharap semua fasilitas pelayanan umum pelayanan publik, kafe, restaurant dan lain lain itu sudah dilengkapi dengan aplikasi PeduliLindungi,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi beserta Prmkab/Pemkot akan melakukan pemantauan.  Apabila terjadi pelanggaran akan diberikan peringatan atau teguran secara lisan dan tertulis. Bila perlu akan dilakukan penutupan sementara apabila masih tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi

“Minggu ini Pemprov Lampung akan menurunkan tim untuk memonitor fasilitas - fasilitas yang semestinya dilengkapi dengan aplikasi pedulilindungi. Bagi yang belum menerapkannya, akan kita bantu untuk mendaftarkan ke Kementerian Kesehatan, atau di Kantor OPD di Lingkungan Pemprov Lampung yang kini telah mulai menerapkan aplikasi tersebut,” ujar Qudrotul Ikhwan. (Adpim)