BlogGua Apresiasi Kebijakan Diskominfo Pesisir Barat Terkait MoU Media

Pazri Romi (batik Cokelat) saat berkoordinasi dengan PPTK Diskominfo Pesibar, Elvin (Seragam Putih), Rabu (29/12/2021)

BlogGua, Lampung Utara – Media siber BlogGua yang dikelola oleh Direktur Utama PT. Multimedia Anak Bangsa memberi Apresiasi setinggi-tingginya atas kebijakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) terkait proses MoU dengan Media Massa. 

“Apresiasi tersebut saya berikan, Karena Diskominfo Pesibar tetap tidak meloloskan verifikasi BlogGua yang menurut saya semata-mata tidak 100% kesalahan berada di kubu BlogGua, saat proses penginputan data yang diminta melalui situs resminya,” ujar Pazri Romi di ruang kerjanya, Senin (03/01/2022).

Romi mengimbuhkan, Diskominfo Pesibar tidak bisa merubah kebijakan, sekalipun Presiden Jokowi yang meminta. Mereka tetap kekeh dengan kinerja yang diterapkan, sehingga tetap menayangkan hasil verifikasi sesuai kriteria yang mereka inginkan distus Sikamdo Pesisir Barat.

“Sertifikat Dewan Pers yang dilampirkan atas nama pribadi bukan atas media yang didaftarkan,”jelas Romi terkait kendala BlogGua tidak lolos verifikasi.

Mengulas kronologi kendala, Romi menguraikan, disitus Sikamdo jelas ada sebuah Form unggahan yang bertuliskan Sertifikat Dewan Pers, disini Romi menimbang BlogGua belum memiliki Sertifikat Perusahaan Pers (Administrasi/Faktual) dari Dewan Pers. Sehingga Romi berinisiatif mengunggah Sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW), karena sertifikat UKW tersebut ada logo Dewan Pers dan di tandatangani oleh Ketua Dewan Pers.

“Selain itu tidak ada form untuk mengunggah sertifikat UKW yang diminta, petunjuk tekhnis isian form Sertifikat Dewan Pers pun tidak ada, maka dari itu Saya ambil inisiatif unggah sertifikat UKW di form Sertifikat Dewan Pers. Akan tetapi, kenyataannya malah dianggap salah dan bahkan dijadikan sebuah kendala verifikasi BlogGua oleh Diskominfo Pesibar,”terangnya.

Padahal, lanjut Romi, sampai waktu pengumuman hasil verifikasi. Belum ada sama sekali notifikasi yang diterima oleh BlogGua, kalau pun ada berkas unggahan yang masih kurang untuk diperbaiki. Sebagaimana notifikasi yang diberikan Diskominfo Pesibar dari situs Sikamdo melalui email usai melakukan Unggah/Upload/Input Data.

“Seperti ini notifnya, Kami akan segera memverifikasi data tersebut dan memberikan informasi terkait hasil verifikasi. Jika terdapat kekurangan akan kami informasikan lebih lanjut untuk diperbaiki,”beber Romi.

Dari hari ke hari, masih kata Romi, waktu demi waktu, bahkan masa demi masa sambil menunggu pengumuman kalau ada perbaikan data usai melengkapi data distus Sikamdo. BlogGua coba berkomunikasi dan berkoordinasi dengan admin sikamdo pesibar melalui Whatsapp di nomor +62853 6998 9990. Namun tidak sedikitpun disinggung oleh admin sikamdo kalau ada berkas BlogGua yang masih perlu diperbaiki hingga diumumkannya hasil verifikasi.

“Kami juga berpikir mungkin tidak ada ke kurangan, karena ditahun 2019/2020 sebelumnya sudah pernah bekerjasama. Namun Parahnya, dimasa-masa itu BlogGua coba izin masuk grup whatsapp Diskominfo Pesibar tetapi tidak diperbolehkan. Dengan alasan, harus sudah bekerja sama dahaulu dengan kominfo tahun 2021, sementara BlogGua sudah pernah kerjasama di tahun 2019-2020,” keluhnya sambil geleng-geleng.

Tak putus asa, lanjut Romi, jajaran BlogGua berkunjung ke Diskominfo Pesisir Barat guna mencoba berkoordinasi pada hari Rabu Tanggal 29 Desember 2021. Namun apalah daya, diuraikan PPTK Diskominnfo Pesibar, Elvin bahwa dihari itu bukan merupakan masa perbaikan berkas melainkan masa sanggah.

“Amsiong,,, belum rezekiiiii,” cetus Romi.

Dipaparkan Romi, saat itu Elvin menerangkan kalau masa perbaikan berkas sampai tanggal 30 November 2021 dan diharapkan pihak Media yang aktif bertanya dengan Kominfo. Sementara, kata Romi,  sejak tanggal 29 Oktober 2021 sampai dengan tanggal 29 Desember 2021, BlogGua sama sekali belum mendapatkan notif masa perbaikan berkas baik dari situs Sikamdo maupun melalui telepon atau email.

“Kendati demikian, Kami tetap apresiasi kebijakan Diskominfo Pesisir Barat. Namun perlu dijadikan catatan, tolong diperbaiki form bertuliskan Sertifikat Dewan Pers, agar ditambahkan menu dropdown (Administrasi/Faktual/Belum Ada) supaya kedepan BlogGua engga keliru lagi ngambil inisiatif dan ganti juga isi notif email usai unggah data di Sikamdo,”singgungnya.

Diakhir, Romi meminta agar kiranya Diskominfo Pesisir Barat tetap bersedia untuk berkolaborasi bersama BlogGua terkait proses peliputan Kegiatan Pemerintah Darah Kabupaten Pesisir Barat.

“Siapkan bahan-bahan rilis berita yang akurat dan biarkan Para Jurnalis kami yang akan mengemas bahan tersebut menjadi sebuah konten berita yang berkualitas dan menarik serta mudah dipahimi ketika pengunjung membacanya. Mengingat saat ini Zamannya Inovasi dan Covid-19, jadi manajemen peliputan pun harus coba berinovasi,” tutupnya. (Ulfha)