PLBL Sejati Agendakan Kontes Gacoran Perkutut se-Lampung Utara

Logo

BlogGua, LAMPUNG UTARA - Paguyuban Perkutut Lokal Bumi Lampung (PLBL) Sejati merupakan komunitas pecinta dan pelestari burung perkutut lokal alam.

Komunitas ini terpusat di Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara.

Dalam kesehariannya anggota penghobi kung mania ini tidak hanya mengedepankan dan mempelajari anggunan yang disuarakan burung klasik ini.

Namun juga, para hobiis perkutut yang tergabung dalam komunitas PLBL Sejati senantiasa memperdalam khasanah kebudayaan yang hingga saat ini masih melekat dalam tatatiti memelihara perkutut yang baik.

Selain itu, komunitas PLBL Sejati yang diketuai Solikhin, juga memotori untuk menggali potensi dan kreatifitas setiap anggotanya.

Salah satu industri rumahan yang dijalankan sejumlah anggotanya, yakni membuat sangkar perkutut, hiasan sangkar, juga menyediakan perkutut berkaturanggan yang kerap diburu para kolektor.

"Komunitas kami ini dari berbagai profesi. Mulai dari petani, buruh, aparatur penegak hukum (APH) dan pemerintahan, juga berbagai profesi lainnya," ucap Solikhin saat diwawancarai, di kediamannya, Jum'at (10/12/2021).

Solikhin juga menyatakan prinsip kebhinekaanlah yang mempersatukan komunitas ini hingga mampu bertahan dan terikat dalam tali persaudaraan yang kuat.

Saat ini, PLBL Sejati memasuki usia lima tahun.

"Meski masih berumur belia, kami telah mengagendakan kegiatan yang tujuan utamanya yakni mengikat persaudaraan," jelas Solikhin.

Solikhin juga menyampaikan, dalam waktu dekat PLBL Sejati akan mengadakan kontes gacoran perkutut se-Kabupaten Lampung Utara.

"Persiapannya sudah matang. Saat ini, kami sedang mencari waktu yang tepat untuk pelaksanaannya," jelasnya.

Guna memantapkan agenda tersebut, PLBL Sejati menggandeng Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lampung Utara.

"Sengaja kami gandeng SMSI Lampura sebagai wadah para pemilik perusahaan media siber," katanya.

Diharapkan, bersama SMSI Lampura, kontes gacoran perkutut lokal alam ini dapat diketahui secara luas.

Sementara itu, Ketua SMSI Lampung Utara, Ardiansyah, membenarkan jika pihaknya akan bersinergi bersama PLBL Sejati mewujudkan agenda dimaksud. (*)