Pemerintah Way Kanan Dukung Program Profesi Insinyur UNILA

Suasana Sosialisasi

BlogGua, Way Kanan - Pemerintah Kabupaten Way Kanan tentu mendukung sepenuhnya atas dibukanya Program Study baru yakni Program Profesi Insinyur oleh Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Bupati (Wabup) Way Kanan, Ali Rahman dalam kegiatan acara Sosialisasi Program Study Program Profesi Insinyur UNILA di Kabupaten Way Kanan di Ruang Rapat Utama Pemkab Way Kanan, Kamis (09/12/2021).

"Sehingga kedepan dengan makin banyaknya lulusan insinyur kita dapat melakukan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut displin teknik yang meliputi kebumian dan energi, rekayasa sipil dan lingkungan, industry, konservasi dan pengelolaan sumber daya alam, pertanian dan hasil pertanian, teknologi dan lain sebagainya,"imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut Ali, pemerintah melalui lembaga-lembaga pendidikan harus segera mengambil langkah yang bersifat mendasar, komprehensif, dan sistematis, sehingga amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke-4 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dapat tercapai merata dirasakan oleh masyarakat. 

Sebelum itu dijelaskan Ali, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 mengamanatkan bahwa setiap orang dalam mengembangkan dirinya memerlukan pendidikan dan manfaat ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya demi meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umum.

"Untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umum tersebut, salah satunya dapat dicapai dengan tersedianya Sumber Daya Manusia yang handal dan profesional yang mampu melakukan rekayasa teknik guna meningkatkan nilai tambah, daya saing, daya guna, efisiensi dan efektivitas anggaran, perlindungan publik, kemajuan ilmu dan teknologi, serta pencapaian kebudayaan dan peradaban bangsa yang tinggi,"terangnya.

Atas dasar tersebut, masih kata Ali, pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran yang memuat aturan dan standar yang berlaku dalam penyelenggaraan pendidikan keinsinyuran di Indonesia, tentu dengan tujuan meningkatkan daya saing bangsa dan negara dalam menggali dan memberikan nilai tambah, atas berbagai potensi yang dimiliki tanah air ini.

Disamping itu Ali menjelaskan, belum lama ini tepatnya pada tanggal 14 Maret 2021 yang lalu Pemerintah Daerah Way Kanan dan Universitas Lampung melakukan penandatangan kesepakatan bersama  tentang peningkatan pembangunan dalam penyelenggaraan  Pemerintahan di Kabupaten Way Kanan melalui Tridarma Perguruan Tinggi, dilanjutkan pada tanggal 14 Juni 2021 dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi Universitas Lampung di Kampus Universitas Lampung Way Kanan.

"Hal ini semakin meneguhkan kita semua bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan Universitas Lampung terus membangun komitmen bersama guna percepatan peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di wilayah Kabuaten Way Kanan,"ujarnya.

Secara khusus,  Ali Rahman menyampaikan terimkasih kepada Universitas Lampung yang telah berperan aktif untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam mencetak Sumber Daya Manusia yang mumpuni, terlihat dari jumlah lulusan sarjana UNILA yang diterima di sejumlah instansi yang tersebar di beberapa instansi yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Diakhir Ali mengimbuhkan, tidak berhenti disitu keterlibatan langsung Universitas Lampung dalam pengembangan SDM Aparatur Sipil Negara yang ada di Kabupaten Way Kanan ini sangatlah besar dirasakan, seperti Uji kompetensi ASN dalam lelang jabatat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator, yang kesemuanya itu merupakan komitmen bersama Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Aparatur Sipil Negara yang ada di Kabupaten Way Kanan.

"Kepada Bapak/Ibu lulusan terbaik Fakultas Teknik Universitas Lampung dari berbagai jurusan yang saat ini tercatat sebagai Abdi Negara di Kabupaten Way Kanan agar terus berkarya dan terus menggali potensi diri dan kemampuannya, guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,"pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh, Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung,  Suharno, Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Staf Ahli Bupati Bidang SDM, Asisten III Setdakab Way Kanan, Kepala BKPSDM Kabupaten Way Kanan, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator Dan Pengawas Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, dan para peserta Sosialisasi. (Diskominfo Way Kanan)