Pemerintah Lampung Barat Bangga Para Ibu Lestarikan Seni Budaya Nyambai

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus

BlogGua, Lampung Barat -  Saat ini seni dan budaya asli Lampung yaitu Nyambai yang pada tahun lalu sudah hampir dilupakan oleh generasi muda maupun Ibu-ibu di Kabupaten Lampung Barat, Alhamdulillah kini tradisi Nyambai sudah kembali hidup di Pekon-pekon. 

Ungkapan tersebut dikatan Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus dalam acara Festival Nyambai Tahun 2021di Taman Kota Liwa Berbunga, Kelurahan Pasar Liwa Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat, Selasa (21/12/2021).

"Kami merasa bangga, karena masyarakat di Kabupaten Lampung Barat ini khususnya Ibu-ibu begitu bersemangat melestarikan seni budaya Nyambai. Hal ini tentu patut kita dukung agar kita dan anak cucu kita tidak kehilangan akar budaya dan identitasnya ditengah perkembangan masyarakat yang demikian cepatnya,"imbuhnya.

Selain itu dijelaskan Parosil, sebagaimana halnya kesenian pada umumnya, maka nyambai sebagai seni dan budaya Lambar juga tidak lepas dari hakikat seni dan budaya itu sendiri, yakni proses kreatif yang terus - menerus dan menghasilkan harmoni atau keindahan antara bunyi, gerak tubuh dan lembaran-lembaran tulisan.

"Artinya, seni dan budaya, termasuk Nyambai juga bertumpu pada keindahan,"cetusnya. 

Masih kata Parosil, Pemerintah Daerah Lampung Barat menyambut baik semaraknya perkembangan seni Nyambai ini, pemerintah juga sangat mendukung adanya berbagai kegiatan seni dan budaya Lampung di Lampung Barat ini.

"Karena melalui kegiatan-kegiatan ini berbagai kesenian dan budaya Lampung harus dilestarikan dan dipertahankan, sehingga generasi muda saat ini akan mengetahui bahwa kita memiliki khasanah seni dan budaya yang patut untuk dipertahankan keberadaannya,"terangnya.

Untuk itu Parosil berharap, kegiatan ini akan mengembangkan seni dan budaya Lampung, khususnya kepada generasi muda di Kabupaten Lampung Barat.

"Saya berterimakasih kepada 48 grup nyambai yang mengikuti kegiatan festival nyambai dalam rangka melestarikan salah satu seni budaya khas Lampung Barat," ujar Parosi mengakhiri sambutannya. 

Sementara, Ketua Sanggar Seni Setiwang Richard Sambera mengatakan, tahun 2021 ini Festival Nyambai diikuti 48 Grup Nyambai dari kalangan umum baik dari kalangan anak-anak ataupun Muli Mekhanai.

"Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung kegiatan festival ini, tentu tanpa adanya sebuah dukungan dari seluruh elemen masyarakat kegiatan festival nyambai tidak akan ada di tahun 2021 ini,"pungkasnya.

Pantauan tim kolab, Pembukaan Festival Nyambai itu ditandai dengan pemukulan gamelang Pekhing oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lambar Drs. Mad Hasnurin dan Unsur Forkopimda. 

Pada kesempatan itu juga Bupati Parosil memberikan Doorprize kepada tiga orang tokoh masyarakat dengan menjawab Pitu program yang digalakkan di masa kepemimpinannya bersama Wakilnya Drs. Mad Hasnurin. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Mad Hasnurin, Ketua Sanggar Setiwang Richard Sambera beserta jajaran, Unsur Forkopimda diantaranya Ketua DPRD Lambar, Dandim 0422/LB, Perwakilan Kajari Lambar, Asissten, Staf Ahli Bupati, Uspika Kecamatan Balik Bukit, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lambar. (Diskominfo Lambar)

0 Komentar

Silahkan Komentar