Parosil Mabsus Hadiri Pelantikan PAC HKTI se-Lampung Barat

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (topi Merah)

BlogGua, Lampung Barat - Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus menghadiri kegiatan acara Pelantikan Pengurus Anak Cabang (PAC) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) se-Lampung Barat Masa Bhakti 2021-2026 di Lapangan Sekolah Kopi Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten setempat, Rabu (22/12/2021).

"Saya atas nama pemerintah dan pribadi mengucapkan selamat kepada pengurus HKTI Kabupaten Lampung Barat yang baru saja dilantik,"tutur Parosil yang juga selaku pelindung HKTI Lampung Barat mengawali sambutannya.

Semoga, lanjut Parosil, dengan telah dilantiknya saudara menjadi pengurus HKTI dapat memberikan karya nyata dan sumbangan pemikiran yang terbaik dalam rangka membangun dunia pertanian pada umumnya dan Kabupaten Lampung Barat pada khususnya.

Dikatakan Parosil, Pertanian merupakan tulang punggung perekonomian nasional, termasuk juga halnya di Kabupaten Lampung Barat ini. Oleh karena itu, lanjut Parosil, pembangunan pertanian merupakan prioritas dalam pembangunan ekonomi di Kabupaten Bampung Barat.

Masih kata Parosil, dalam pembangunan pertanian di Kabupaten Lampung Barat sumber daya alam yang tersedia sangat terbatas. Hal ini karena sebagian besar wilayah Kabupaten Lampung Barat adalah kawasan hutan lindung dan taman nasional.

"Mengingat kondisi Lampung Barat yang demikian, maka tidak ada pilihan lain bagi kita agar dalam pelaksanaan pembangunan pertanian di Lampung Barat harus menerapkan kaidah-kaidah konservasi,"ujarnya.

Sebagai salah satu organisasi profesi yang bergerak dan memperjuangkan kepentingan para petani, Parosil mengharapkan juga HKTI dapat menjadi mitra Pemerintah Daerah (Pemda) dan mitra petani serta pemangku kepentingan lainnya dalam membangun dan memajukan pertanian di Kabupaten Lampung Barat.

"Dengan segenap kemampuan yang dimiliki oleh HKTI, seperti kemampuan dalam penguasaan teknologi, kemampuan mengakses permodalan, kemampuan manajemen dan lain sebagainya. Saya percaya HKTI mampu memberikan kontribusi nyata untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan keluarganya,"paparnya.

Oleh karena itu, Parosil mengingatkan kepada segenap jajaran HKTI yang baru saja dilantik agar dapat menjalankan amanah organisasi dengan sebaik-baiknya, serta berperan dalam fungsi peran yang dapat saudara lakukan yaitu:

"Fungsi pembinaan, yaitu memberikan pembinaan dan bimbingan kepada para petani dalam berbagai aspek kegiatan, sehingga para petani mampu meningkatkan produksi dan pendapatan serta kesejahterannya, dan memberikan motivasi kepada para stake holder di bidang pertanian, sehingga mampu menggairahkan berbagai kegiatan yang terkait dengan pembangunan pertanian,"tandasnya mengakhiri.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Cabang HKTI Lampung Barat, Edi Novial mengatakan, DPC dan PAC HKTI Kabupaten Lampung Barat bangga. Karena pelantikan ini bisa dihadiri langsung oleh Ketua  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) HKTI Provinsi Lampung, Ir. Umar Ahmad yang juga Bupati Tulang Bawang.

"Ini salah satu semangat untuk pengurus yang sudah dilantik agar tetap solid bergerak, berkontribusi dan bersinergi dengan Pemerintah Lampung Barat, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan pekon. Guna memajukan di bidang pertanian dan perkebunan,"tuturnya.

Kepada PAC HKTI yang baru dilantik, lanjut Edi, jadikan HKTI ajang silaturahmi dan diskusi agar HKTI Lampung Barat semakin mantap sesuai jargon kita PM (Petani Milenial).

"Prosesi pelantikan PAC HKTI di Lampung Lampung Barat ini tergolong pelantikan yang sukses. DPC Lampung Barat merupakan konsolidasi pertama di Provinsi Lampung,"imbuhnya.

Ada 4 poin penting yang disampaikan Edi Novial, yakni:

Pertama, konsolidasi jangan berhenti di tinggkat PAC saja, tetapi harus sampai ke kelompok tani dan pelaku usaha tani. Kedua, sebagaimana kita harus mampu berkomunikasi terhadap semua pihak Pemerintah Kabupaten sampai ke Pekon. Ketiga, mampu melakukan rekayasa sosial upaya pemerintah memperkenalkan kopi robusta kepada dunia. Karena khususnya Lampung Barat ini salah satu penghasil biji kopi terbaik. Keempat, meningkatkan kualitas petani. Petani bukan hanya petani kopi saja, tetapi petani sayur, ikan dan perternak.

"PAC HKTI dari 15 kecamatan yang sudah dilantik harus bisa ambil peran penting dan mendukung apa langkah dan program pemerintah,"pungkasnya.

Pantauan tim Kolab, Pelantikan tersebut diawali Pembacaan SK DPC HKTI Lampung Barat tentang pengangkatan PAC se-Lampung Barat. PAC HKTI se-Lampung Barat dilantik oleh Ketua DPC HKTI Lampung Barat Edi Novial. Dilakukan penyerahan secara simbolis berupa tank semprot kepada PAC se-Lampung Barat yang dilakukan oleh DPD HKTI Provinsi Lampung, Ir. Umar Ahmad, DPC HKTI Kabupaten Lampung Barat Edi Novial dan Dewan Penasehat Parosil Mabsus.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus selaku Dewan Penasehat HKTI Kabupaten Lampung Barat, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HKTI Kabupaten Lampung Barat, Edi Novial yang juga Ketua DPRD Lampung Barat, Kepala Kejaksaan Negeri Lampung Barat, Riyadi, Dandim 0422/LB Letnan Kolonel Czi Anthon Wibowo, Kepala Perangkat Daerah Lampung Barat, Camat Sumber Jaya, Kepala Puskesmas Sumber Jaya, Lurah Tugu Sari, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) HKTI Provinsi Lampung, Ir. Umar Ahmad yang juga Bupati Tulang Bawang, Mantan Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto. (Diskominfo Lambar)