Gubernur Lampung Beri Bantuan Sepatu AFO Bagi Penyandang Disabilitas

 Gubernur Lampung,  Arinal Djunaidi (baju Korpri)

BlogGua, Bandar Lampung - Gubernur Lampung,  Arinal Djunaidi menyerahkan bantuan  sepatu AFO (Ankle Foot Orthosis) yang didesain khusus bagi anak-anak penyandang disabilitas dalam rangka memperingati Hari Anak Disabilitas Internasional Tahun 2021, di Mahan Agung, Jum'at (17/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut Arinal mengatakan, membangun Indonesia tidak hanya tugas Pemerintah, tetapi semua harus  bersama-sama baik pengusaha, rakyat dan dana bisa bersumber dari dana APBD atau CSR (Corporate Social Responsibility). 

Arinal juga mengatakan, apapun bentuknya Pemerintah harus hadir menyelamatkan anak bangsa diantaranya dalam wujud kepedulian dan perhatian. 

Dalam kesempatan itu Arinal juga mengajak semua pihak terlibat memberikan perhatian dan dukungan kepada anak-anak penyandang disabilitas serta keluarganya sehingga mereka bisa menjalani berkehidupan yang layak. 

"Harus ada kepedulian sebagai bentuk kehadiran kita ditengah-tengah masyarakat, kepada Bupati/Walikota, Pengusaha dan Dinas terkait agar peduli karena penyandang disabilitas  ini tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung," kata Arinal. 

Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk memenuhi hak-hak penyandang disabilitas yang dikristalisasikan dalam misi Provinsi Lampung yang ketiga yakni "mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel”, guna menuju visi Provinsi Lampung "Rakyat Lampung Berjaya”.

Langkah konkret implementasi misi tersebut dilakukan dengan menjalankan Amanat Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 10 tahun 2013 terkait Pelayanan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas, dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan meliputi bidang pendidikan, ketenagakerjaan, sosial, kesehatan, aksesibilitas, seni, budaya, olahraga, politik, hukum, penanggulangan bencana dan tempat tinggal.

"Pemerintah Provinsi Lampung akan terus memberikan perhatian dan dukungan bagi keluarga disabilitas melalui program kerja yang dimiliki," ujar Arinal. 

Arinal didampingi Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal sempat menyapa dan berdialog dengan penyandang disablitas disela-sela peninjauan pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak disabilitas di selasar mahan. 

Sedangkan Ketua Persatuan Komunitas Disabilitas, Yunita Viriya menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang telah mewujudkan harapan keluarga disabilitas untuk memiliki sepatu AFO. 

"Sepatu AFO bagi penyandang disabilitas sangat membantu mereka dalam kegiatannya sehari-hari agar mereka bisa mandiri," kata dia.

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Dharma Wanita Persatuan, Kadis Pendidikan, Kadis Kesehatan, Kadis Sosial, Kadis PP & PA, Kadis Kominfotik, Direktur RSUDAM, Karo Kesra, Ketua Persatuan Komunitas Disabilitas. (Diskominfotik Lampung)

0 Komentar

Silahkan Komentar