FX Siman Sosialisasikan Ideologi Pancasila di Pringsewu

Anggota DPRD Provinsi Lampung Drs.FX Siman berswafoto bersama Para hadirin Sosialisasi

BlogGua, PRINGSEWU - Pemahaman yang komprehensif terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, menjadi modal dalam membangun bangsa yang majemuk seperti Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Anggota DPRD Provinsi Lampung Drs.FX Siman saat melakukan sosialisasi dan pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Pekon Wonosari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu, Sabtu (11/12/2021).

Dikatakan juga oleh Siman, untuk mewujudkan cita-cita reformasi dan pelaksanaan nilai-nilai kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara secara konsekuen, serta untuk mengakhiri berbagai persoalan dan tantangan maupun hambatan berbagai persoalan bangsa saat ini, baik dari luar maupun dari dalam bangsa sendiri, diperlukan kesadaran dan komitmen seluruh warga negara, guna memantapkan persatuan dan kesatuan nasional, dan menanamkan ideologi Pancasila serta wawasan kebangsaan.

"Sehingganya perlu sosialisasi yang lebih mendalam guna meningkatkan kesadaran diri masyarakat untuk lebih memahami ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan," katanya.

Tutur Siman, tantangan kebangsaan yang dihadapi bangsa ini, menurut TAP MPR No.VI tahun 2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa, bisa berasal dari internal dan eksternal.

"Secara internal, yakni masih lemahnya penghayatan dan pengamalan agama serta munculnya pemahaman terhadap ajaran agama yang keliru dan sempit, disamping pengabaian terhadap kepentingan daerah serta timbulnya fanatisme kedaerahan, kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinnekaan dan kemajemukan, keteladanan dalam sikap dan perilaku sebagian pemimpin dan tokoh bangsa, serta tidak berjalannya penegakan hukum secara optimal," bebernya.

Sedangkan secara eksternal, lanjut Siman, yang berasal dari Dapil Metro, Pesawaran dan Pringsewu, adalah adanya pengaruh globalisasi kehidupan yang semakin meluas dan persaingan antarabangsa yang semakin tajam, serta semakin kuatnya intensitas intervensi kekuatan global dalam perumusan kebijakan nasional.

"Semoga dengan sosialisasi ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan secara intens dapat meningkatkan pemahaman seluruh komponen masyarakat yang menjadi landasan dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pringsewu Dr. Fauzi, ME, M.Kom., Akt., CA, CMA mengapresiasi diadakannya sosialisasi dan pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Menurut Fauzi, hal tersebut sangat penting dalam rangka meningkatkan dan mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, terlebih di Indonesia, yang terdiri dari bermacam-macam suku bangsa serta agama dan kepercayaan.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Kapekon dan diikuti Para Tokoh serta masyarakat setempat. (Diskominfo Pringsewu)