Fahrizal Darminto Kukuhkan Forum Penyuluhan Anti Korupsi di Hotel Golden Tulip

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto (kanan)

BlogGua, BANDAR LAMPUNG - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto mengukuhkan Forum Penyuluhan Anti Korupsi (FPAK) di Hotel Golden Tulip, Selasa (21/12/2021).

Pada kesempatan itu, Sekdaprov juga membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah Provinsi Lampung Tahun 2021. Adapun Ketua FPAK yang dikukuhkan tersebut adalah Aris Suprianto.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Fahrizal berharap pengukuhan anggota FPAK atau yang biasa disebut dengan master penyuluh anti korupsi ini dapat menjadi mitra strategis dalam upaya mengawal dan melakukan pencegahan korupsi. 

“Apabila Inspektorat melakukan pengawasan dan pembinaan, master bisa menjadi corong atau narasumber yang telah memiliki sertifikasi yang teruji dan lulus sebagai penyuluh anti korupsi untuk melakukan sosialisasi kepada siapapun mulai dari anak sekolah hingga para aparatur negara” ujar Fahrizal.

Pada kesempatan itu juga, Fahrizal memberikan penghargaan dari Inspektorat Daerah kepada 9 kabupaten dan kota atas penyelesaian 100% tindak lanjut hasil pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah tahun 2020. 

Kabupaten dan kota yang menerima penghargaan tersebut di antaranya Pringsewu, Lampung barat, Lampung Timur, Lampung Selatan, Bandar Lampung, Lampung Tengah, Mesuji , Way Kanan, dan Tulang Bawang Barat. 

Sementara itu, dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) yang diadakan di tempat yang sama, Fahrizal menyambut baik dan  mengharapkan terdapat peningkatan sinergitas sehingga pelaksanaan pengawasan dapat dilakukan tepat sasaran. 

“ Pelaksanaan pembangunan daerah akan semakin lancar apabila Inspektorat dapat berdiri dengan mapan. Tugas Inspektorat memang sangat berat karena selain mengawasi tapi juga melakukan review terhadap rencana kegiatan daerah dan pelaksanaan kegiatan,” ujarnya.

Fahrizal juga menyampaikan bahwa Aparatur Pengawas Intern Pemerintah (APIP) harus segera bertransformasi menuju paradigma baru sebagai consulting partner yang mampu memberikan peringatan dini, konsultif, dan mengindati perilaku koruptif.  

Menutup sambutannya, Fahrizal mengajak untuk tetap semangat dan bersama-sama membangun pemerintahan yang lebih baik dan bersih sehingga berkontribusi dalam pembangunan Lampung dan mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya. (Adpim)

0 Komentar

Silahkan Komentar