Dekranasda Tanggamus Studi Banding ke Pesisir Barat

Momen Kunjungan Kerja Dekranasda Tanggamus ke Pesisir Barat

BlogGua, Pesisir Barat - Dekranasda Kabupaten Tanggamus yang dipimpin Ketua Dekranasda Tanggamus, Nur'aini Hamid Lubis bersama Ketua TP PKK Tanggamus, Hj. Sri Nilawati Syafi'i serta jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Tanggamus melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pesisir Barat, Jum'at (17/12/2021). 

Ketua Dekranasda Pesibar, Septi Agus Istiqlal mengucapkan selamat datang dan menyambut baik kunjungan kerja Dekranasda Tanggamus dan rombongan ke Kabupaten Pesisir Barat.

"Suatu kebanggaan bagi kami atas kunjungan rombongan (Dekranasda Tanggamus). Mari kita sama-sama melihat menapis kain tapisnya, dengan salah satunya khas kami adalah motifnya dan sekat-sekatnya yang bagus," ucap Septi. 

Septi menerangkan, Pekon Waysindi telah ditetapkan sebagai 'kampung tapis' sekaligus menjadi 'desa wisata'. 

"Harapannya dengan ditetapkan kampung tapis ini bisa bermanfaat untuk warga kami dan tidak hanya bisa menjadi penonton, tapi bisa meningkatkan kreatifitasnya. Harapan kami juga dengan kunjungan Kerja Dekranasda Tangggamus ke Pesibar agar kita sama-sama belajar dari pengrajin kami, dan kedepan harapannya pengrajin Pesibar dengan pengrajin Tanggamus bisa bekerja sama dan saling mempromosikannya, sehingga hasil kerajinan kita bisa dikenal oleh daerah lain," tandasnya. 

Sementara Ketua Dekranasda Tanggamus, Nur'aini Hamid Lubis menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan dari Ketua dan jajaran Dekranasda Kabupaten Pesisir Barat. 

Nur'aini mengatakan, tujuan kunjungan kerja Dekranasda Tanggamus adalah untuk belajar banyak tentang teknik kerajinan menapis, dikarenakan Kabupaten Pesisir Barat merupakan sentra tapis yang terkenal dan berkualitas.

"Pengrajin tapis Pesisir Barat jauh lebih berpengalaman, sehingga pengrajin Tanggamus bisa belajar banyak," ujarnya. 

Kemudian, lanjut Nur'aini, khusus bagi pengurus Dekranasda, kunjungan lapangan untuk banyak belajar dan berlatih lagi bagaimana pembinaan terbaik yang selama ini yang dilakukan Dekranasda Kabupaten Pesisir Barat terhadap pengrajin tapis, dan mencari inovasi yang baru yang tidak ada di Kabupaten Tanggamus. 

Nur'aini mengungkapkan bahwa Dekranasda Tanggamus juga akan membuat kampung tapis di Kabupaten Tanggamus, sebagaimana program Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Hj. Riana Sari Arinal. Oleh karena itu, lanjut Nur'aini, kami Dekranasda Tangggamus akan membuat sebuah kampung tapis, dimana masyarakatnya disitu menapis turun - temurun untuk menjaga budaya leluhur kita.

"Harapannya dengan kunjungan ini, dapat mempererat silaturahmi antara Kabupaten Tanggamus dengan Kabupaten Pesisir Barat, serta bisa sama-sama belajar tentang membuat tapis, mencari inovasi - inovasi baru, sehingga hasil dari kerajinan tapis kita bisa dipasarkan dan dikenal oleh daerah lain bahkan internasional," tutupnya.

Pantauan tim Kolab, kunjungan kerja yang dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 17 sampai 18 Desember 2021 ini untuk studi banding sekaligus mengikuti pelatihan pembuatan kain tapis dari pengrajin tapis di Kabupaten Pesisir Barat. 

Kedatangan rombongan Dekranasda Tanggamus disambut langsung oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Pesisir Barat, Septi Agus Istiqlal beserta jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Pesisir Barat di Balai Pekon Waysindi, Kecamatan Karya Penggawa. 

Dalam kunjungan kerja tersebut, rombongan Dekranasda Kabupaten Tanggamus tidak hanya melakukan kunjungan ke para pengrajin tapis dan UMKM setempat. Namun juga menikmati keindahan alam dan objek wisata yang ada di kabupaten tersebut, salah satunya adalah Lamban Apung, yang berada di Kecamatan Krui.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Dekranasda Pesisir Barat, Yulnawati  Zulqoini Syarif, Kepala Peratin Pekon Waysindi Imron Syah, Ketua TP PKK Kecamatan Karya Penggawa, dan tokoh masyarakat setempat.(Kominfo/mar)