Dapat Bantuan Kursi Roda dari Bupati Mesuji, Kini Yogi Cukup Bahagia

Yogi bin Katiran (duduk di kursi roda)

BlogGua, Mesuji - Kini remaja  penyandang disabilitas Yogi bin Katiran (16) warga Desa Tebing Karya Mandiri (TKM) Kecamatan Mesuji Timur terlihat cukup bahagia lantaran dirinya diberi bantuan kursi roda dari Bupati Saply TH baru-baru ini. Dimana sebelumnya, kondisi Yogi sesungguhnya cukup memprihatinkan. 

Kepala Desa TKM, Eka Bayu Prasetya menyebut, Yogi sering mengalami sakit kambuhan gejala kejang-kejang panas tinggi. 

"Yang jelas butuh pengobatan dan perawatan secara rutin. Karena mengingat kesehatan Yogi yang kadang kambuh," seru Bayu saat dikonfirmasi awak media di desa setempat, Jum'at (17/12/2021).

Namun, lanjut Bayu, upaya pengobatan Yogi sering kali terhambat karena dirinya berasal dari Keluarga kurang mampu. Kesulitan biaya pengobatan adalah masalah lama yang sulit dipecahkan pihak keluarga Yogi.  

Bayu juga menerangkan, kehidupan orang tua Yogi hanya sebagai petani sawah. Penghasilannya pun pas-pasan untuk biaya makan. Oleh sebab itu, Bayu berharap pihak Puskesmas setempat dapat memberikan perhatian lebih kepada Yogi. 

"Yogi perlu pengecekan kesehatan secara berkala. Semoga pihak Puskesmas terdekat sudi melakukannya. Amin," ujarnya.

Terkait hal ini, Camat Mesuji Timur, Belly Oscar menyatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan kegiatan pembagian kursi roda untuk Masyarakat penyandang disabilitas di wilayahnya.

Bantuan tersebut menurut Belly berasal dari Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Mesuji Tahun 2021, dan itu adalah salah satu bentuk kepedulian Bupati Mesuji, Saply TH kepada Masyarakatnya.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan hari ini, saya mewakili Bupati Mesuji, Saply TH memberikan bantuan berupa kursi roda untuk saudara kita yang ada di Desa Tebing Karya Mandiri yaitu Yogi Bin Katiran. Mudah-mudahan dengan diberikannya bantuan kursi roda ini dapat sedikit membantu saudara kita Yogi yang saat ini mengalami gangguan disabilitas," jelas Belly.

Lebih lanjut Belly mengatakan, ke depan pihaknya akan bekerjasama dengan seluruh Kepala Desa yang ada di kecamatan Mesuji timur untuk melakukan pendataan kepada warganya agar semua masyarakat yang memang mengalami gangguan seperti disabilitas dan gangguan lainnya bisa diajukan untuk mendapatkan bantuan seperti kursi roda dan bantuan lainnya.

“Pihak kecamatan dan Kepala Desa se Kecamatan Mesuji Timur akan bersama-sama melakukan pendataan kepada masyarakat di masing-masing desa, jika memang ada Masyarakat kita yang mengalami gangguan disabilitas maupun gangguan lainnya pasti akan segera kita ajukan kepada Pemerintah Daerah supaya mendapatkan bantuan. Karena ini adalah salah satu program dan kepedulian bupati Saply TH kepada masyarakatnya," tutupnya. (YUDHA)