Bupati Pringsewu Ajak Potensi Bangsa Bangun Generasi Sehat

Bupati Pringsewu, Sujadi (masker cream)

BlogGua, PRINGSEWU - Bupati Pringsewu, Sujadi mengajak segenap potensi bangsa untuk bersinergi dalam membangun generasi sehat yang dilandasi tekad memajukan bangsa.

Ajakan tersebut disampaikannya pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 Kabupaten Pringsewu di lapangan Pemkab setempat, Rabu (15/12/21).

Sebab, menurut Sujadi, betapapun pemerintah sudah senantiasa berusaha responsif dalam memecahkan masalah-masalah yang ada agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat, masih dihadapkan pada kesulitan penyediaan obat-obatan dan alat kesehatan produk lokal yang murah namun berkualitas.

Oleh karena itu, lanjut Sujadi, dibutuhkan dukungan semua pihak lintas sektoral dalam upaya melakukan inovasi guna percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku. 

Selain itu Sujadi menilai, melalui peringatan HKN ke-57 yang mengangkat tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”, dan amanat Presiden Jokowi pada saat pelantikan Kabinet Indonesia Maju beberapa waktu lalu, bahwa perhatian pemerintah dalam kurun waktu lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan SDM, dimana isu stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah fokus utama yang coba dicari solusinya oleh Pemkab Pringsewu dalam meningkatkan kualitas SDM. Namun demikian Sujadi optimis hal tersebut dapat terwujud.

"Sehingga  mampu mewujudkan Generasi Sehat yang akan mengisi 100 tahun Indonesia Merdeka pada 2045, yang juga bertepatan dengan bonus demografi, guna mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju dan makmur serta sejahtera," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikan Sujadi bahwa di RPJMD Kabupaten Pringsewu 2017-2022, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan 3 pilar yaitu Paradigma Sehat, Penguatan Akses Pelayanan Kesehatan, dan Penyediaan Biaya JKN, yang dalam pelaksanaanya mengusung kegiatan promotif dan preventif melalui berbagai program unggulan bidang kesehatan, seperi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), serta program JKN.

Pada puncak peringatan HKN ke-57 yang juga dihadiri Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Sekda Pringsewu Heri Iswahyudi, Ketua dan Wakil KetuaTP-PKK Pringsewu Nurrohmah Sujadi dan Rita Irviani Fauzi serta Ketua DWP Sri Prihatin Iswahyudi dan jajaran forkopimda, juga digelar kegiatan vaksinasi Covid-19 dan pemeriksaan kesehatan, potong tumpeng dan penyerahan hadiah lomba, serta senam bersama yang diikuti berbagai kalangan dengan protokol kesehatan. (Diskominfo Pringsewu)