Bupati Lampung Barat Hadiri Pelantikan Pengurus KBSB Way Tenong

Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus (kiri)

BlogGua, Lampung Barat - Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus hadiri Pelantikan Pengurus Keluarga Besar Sumatera Barat (KBSB) Komisariat Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat Periode Tahun 2019-2024 di lingkungan Masjid Nurul Iman Pekon Puralaksana, Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat, Selasa (07/12/2021).

"Minggu lalu, saya mengikuti pelantikan pengurus KBSB Kabupaten Lampung Barat, dan hari ini ikut lagi pelantikan pengurus KBSB di tingkat Kecamatan. Selaku kepala daerah, Saya memberikan apresiasi kepada keluarga Minang yang tergabung dalam KBSB. Tujuannya apa? tujuannya adalah sebagai tempat silaturrahmi, temu kangen,"tutur Parosil Mabsus.

Untuk itu, Parosil harap perkumpulan ini menjadi tempat atau wadah diskusi yang tentunya dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan Kabupaten Lampung Barat dan Provinsi Lampung.

"KBSB memberi kontribusi besar untuk perekonomian di Kabupaten Lampung Barat. Kita lihat tataniaga seperti pedagang yang ada di Lampung Barat tak terlepas dari keluarga Minang Kabau. Artinya, kontribusi nyata KBSB di Lampung Barat hampir merata, di tingkat Kecamatan hingga Pekon punya pasar yang tak terlepas dari peran dan andil KBSB,"jelas Parosil seraya menitip harapan agar kontribusi KBSB kedepan dapat lebih baik lagi.

Lanjut Parosil, tadi Pak Bupati menyerahkan bantuan untuk pembebasan lahan pembangunan masjid, ini merupakan salah satu implementasi dari Pitu (7) program pak Bupati poin ketujuh, yaitu dalam rangka peningkatan iman dan taqwa. Mudah-mudahna bantuan ini dapat meringankan beban biaya dari panitia pembangunan.

"Saya menekankan, KBSB dapat menjaga kesatuan persatuan dan menjaga kekompakan, di mana bumi dipijak di sana langit dijunjung. Mari kita jaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),"tegas Parosil.

Disamping itu Parosil mengingatkan semua, tugas kita hari ini adalah mengisi pembangunan, bukan lagi merebut kemerdekaan.

"Atas nama Kepala Daerah Kabupaten Lampung Barat, mengucapkan selamat kepada pengurus KBSB Kecamatan Way Tenong yang baru saja dilantik. Mudah-mudahan saudara dapat berkiprah lebih dalam melestarikan seni budaya yang itu tujuannya untuk pembangunan,"tandasnya.

Sementara, Ketua KBSB Kabupaten Lampung Barat, Syafrul Caniago mengajak seluruh KBSB Kabupaten Lampung Barat menamkan dan menigkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam diri.

"Mari kita bangkitkan semangat kita sebagai KBSB khususnya di Kecamatan Way Tenong dan umumnya KBSB Lampung Barat,"singkatnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Komisariat KBSB Kecamatan Way Tenong, Irfan Sofan yang baru saja dilantik merasa terharu dan bangga diberi amanah sebagai ketua KBSB Kecamatan Way Tenong.

"Kalau di dalam kepengurusan kami salah tolong ditegur, kalau kami tidak lurus tolong diluruskan. Kami akan bekerja semaksimal mungkin dalam mewujudkan Lampung Barat Hebat. Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus tadi sudah diberi gelar Ninik Mamak. Ninik Mamak kita adalah orang tua kita, Ninik Mamak kita adalah tempat mengadu kita,"pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang telah berlangsung mengusung tema 'Bersama melanjutkan estafet kepemimpinan dalam pelestarian budaya daerah menuju Lampung Barat Hebat'.

Kehadiran Bupati dan rombongan di tempat acara disambut gendang tambur maninjau, tari pasambahan, tari piring dan tari indang adat Sumatera Barat.

Ketua KBSB Kecamatan Way Tenong yang dilantik Irfan Sofan dan Wakilnya Anton Laseven. Ketua dan Wakil Ketua KBSB Kecamatan Way Tenong tersebut dilantik langsung oleh Ketua KBSB Kabupaten Lampung Barat Syafrul Caniago.

Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus diangkat sebagai Ninik mamak oleh Ketua KBSB Lampung Barat Syafrul Caniago. Gelar Ninik Mamak adalah sebagai pemegang sako datuk (datuak) untuk mengawasi, mengurusi dan menjalankan seluk beluk adat. Pengangkatan gelar Ninik Mamak tersebut ditandai pemakaian kopiah oleh Ketua KBSB Lampung Barat kepada Bupati Lampung Barat.

Pada kesempatan itu Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus memberikan bantuan dana hibah pembebasan lahan pembangunan Masjid Nurul Iman Pekon Puralaksana Kecamatan Way Tenong sebesar Rp.50.000.000,-. Bantuan dana hibah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Parosil kepada pengurus masjid setempat.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus, Anggota DRPD Lampung Barat, Suharlan, Camat Way Tenong, Bambang Hermanto, Ketua KBSB Kabupaten Lampung Barat, Syafrul Caniago, Perwakilan Polsek Sumber Jaya, Perwakilan Koramil Sumber Jaya, Lurah Pajar Bulan, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat. (Diskominfo lambar)