Asosiasi Pedagang Petani Sayur Dikukuhkan Bupati Tanggamus

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (tengah)

BlogGua, Tanggamus - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani mengukuhkan Kepengurusan Asosiasi Pedagang Petani Sayur (APPS) untuk mengelola Sub Terminal Agribisnis (STA) Hortikultura dan Rumah Kemas Packaging Grading House di Pasar Induk Pekon Gisting Atas Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, Selasa (21/12/2021)

Dikesempatan tersebut, Dewi Handajani menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru dan menyambut baik dan siap mendukung apa yang menjadi harapan para pedagang petani sayur.

Tujuan utama pembangunan Sub Terminal Agribisnis (STA) pada dasarnya adalah untuk meningkatkan nilai tambah bagi petani dan pelaku pasar, di samping untuk mendidik petani untuk memperbaiki kualitas produknya, sekaligus mengubah pola pikir ke arah agribisnis serta menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah disamping untuk mengembangkan akses pasar.

Selanjutnya, kata Dewi, untuk mendukung sektor pertanian yang lebih bergeliat lagi dan sebagai wadah pusat pembinaan dan pelatihan sehingga bisa menghasilkan komoditi dan pemasaran - pemasaran yang bisa meningkatkan penghasilan para pedagang dan para petani.

Disamping itu Dewi berharap, sektor pertanian dan holtikultura perikanan dan perkebunan perlu kita dukung bersama- sama untuk lebih meningkatkan kesejahteraan dan tarap hidup ekonomi masyarakat serta  bisa menjadi percontohan STA lainnya, khususnya yang ada di Lampung.

"Agar saatnya nanti menjadi sarana prasarana yang bisa mendukung dan betul- betul dapat meningkatkan kesejahteraan para petani kedepan,"tandasnya. 

Sebelumnya, Kadis Pertanian Holtikultura, Catur Agus Dewanto mengatakan, Pada hari ini telah dikukuhkan kepengurusan Asosiasi Pengurus Petani dan Sayur (APPS) yang sekarang dijabat oleh Pak Sunardi yang beberapa tahun lalu tidak berjalan dan sempat vakum terutama untuk Grading Vackingnya.

"Semoga bisa membawa perubahan untuk lebih meningkatkan SDA sub terminal agribisnis dan kembali memfungsikan SDA sub terminal atau pasar induk sayuran,"imbuhnya.

Dijelaskan Catur, dalam hal ini pengurus beranggotakan bukan hanya dari Gisting saja. Tetapi seluruh perwakilan kecamatan yang ada di Tanggamus dengan potensi Holtikultura yang ada.

Selain itu Catur berharap, dengan Pengukuhan pengurus yang baru, akan membawa perahunya dan mensejahterakan pengurusnya agar lebih memberdayakan petani dan pedagang yang ada di Kabupaten Tanggamus.

"Dimana Tanggamus menjadi sentra holtikultura yang ada di Provinsi Lampung termasuk peternakan dengan SDA memanfaatkan los los yang ada meskipun kita sudah punya sentra UMKM di gisting tetapi dengan sub terminal agribisnis agar lebih memberdayakan UMKM,"pungkasnya. 

Pada kesempatan itu dilakukan juga Penandatanganan Perjanjian Kerja sama oleh Ketua Pengurus APPS Sunardi yang baru disaksikan oleh Bupati Tanggamus, dilanjutkan dengan meninjau produk UMKM pasar induk Gisting.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tanggamus, Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura, Kadis Koperindag dan UMKM, Camat Gisting, Kepala Pekon Gisting Atas, Ketua dan Pengurus APPS Pekon Gisting Atas, serta tokoh masyarakat. (Kominfo)