Arinal Djunaidi : Hari Ibu adalah Hari yang Penuh Inspirasi


Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

BlogGua, BANDAR LAMPUNG - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Ibu Nasional Ke-93 Provinsi Lampung yang diselenggarakan di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Selasa (21/12/2021).

Peringatan Hari Ibu (PHI) jatuh pada tanggal 22 Desember, dan ditetapkan sebagai Hari Ibu melalui keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyatakan apresiasi dan ucapan selamat Hari Ibu kepada seluruh perempuan di Provinsi Lampung.

"Hari ibu adalah hari yang penuh inspirasi, oleh karenanya, Saya atas nama Pemerintah Provinsi Lampung mengucapkan Selamat Hari Ibu Ke-93, semoga peringatan ini dapat dijadikan momentum kebangkitan perempuan," ucap Gubernur.

Gubernur Arinal juga mengatakan bahwa fungsi ibu sangat luar biasa dalam segala hal, terutama dalam mendidik dan membawa keharmonisan keluarga, "Surga itu ada ditelapak kaki ibu, ingat itu, Terimakasih istriku kau telah mengantarkan aku menjadi gubernur," tutur Arinal

Dimasa pandemi saat ini, Gubernur Arinal juga berharap para srikandi Provinsi Lampung dapat menjadi garda terdepan dalam penanganan dan pengendalian covid-19 di tingkat lingkungan keluarga atau rumah tangga.

Selain itu, sejalan dengan arahan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, peringatan hari ibu memiliki 3 catatanan penting, yakni

1. Tonggak gerakan perempuan dalam membangun bangsa dan kesetaraan gender.

2. Membangun pentingnya kerja nyata dalam pembangunan

3. Perempuan terbukti menjadi motor penggerak pembangunan

Sementara itu, Riana Sari Arinal Ketua TP PKK Provinsi Lampung selaku ketua pelaksana kegiatan Peringatan Hari Ibu, dalam laporannya menyampaikan bahwa tema Peringatan Hari Ibu Provinsi Lampung tahun 2021 yakni "Perempuan Berdaya, Lampung Berjaya, Indonesia Maju".

Menurut Riana Sari Arinal, PHI Provinsi Lampung kali ini diperingati dengan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya yaitu Seminar online Positif Parenting, Lomba merangkai bunga oleh BKOW Provinsi Lampung, Lomba Foto dan Video Tiktok tentang kasih nyata seorang ibu yang telah digelar pada tanggal 4-15 Desember lalu.

Kemudian Gerakan Siger dengan memberikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan secara serentak pada 21 Desember. Kemudian ada juga kegiatan ziarah dan tabur bunga di taman makam pahlawan, Donor darah oleh PMI Lampung dengan jumlah donor yang berhasil dikumpulkan sebanyak 144 kantong darah.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan Penyerahan hadiah lomba foto dan penyerahan bantuan untuk pojok baca desa, sembako untuk lansia oleh Gubernur Lampung dan Ketua TP PKK Provinsi Lampung.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Puisi berjudul : "Dialah Ibu" Karya Syaiful Irba Tanpaka oleh Istri Gubernur Lampung Riana Sari Arinal. Kegiatan juga dimeriahkan dengan penampilan permainan alat musik khas Lampung oleh Pejabat Tinggi Pratama Perempuan Berjaya. (Diskominfotik Lampung)