Wali Kota Metro Buka Acara Germas Komunitas Peduli TBC-HIV

Wali Kota Metro, Wahdi Sirajudin (selempang Tapis)

BlogGua, Metro - Walikota Metro wahdi Siradjudin membuka acara Gerakan  Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Pada Komunitas Peduli TBC - HIV di Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan yang berlangsung di Oemah TBC Kelurahan Ganjar Asri Kecamatan Metro Barat Kota Metro, Senin (15/11/21). 

Selain di hadiri Wali Kota turut hadir dalam acara tersebut, Plt. Direktur RSU Ahmad Yani Metro, Camat Metro Barat, Lurah Ganjar Asri, Kepala Puskesmas Ganjar Agung, Forkopimda, serta para tamu undangan lainnya.

Acara dibuka secara langsung oleh Walikota Metro Wahdi Siradjudin.

" Ya Dalam pelayanan kesehatan itu, selain lima pelayanan dasar, tentunya kita sekarang harus perhatian terhadap pandemi COVID-19, dengan cara 3T (Testing, Tracing, Treatment)," tuturnya.

Disampaikan Wahdi, kegiatan ini rupanya menimbulkan ide baru, untuk kedepannya mengapa tidak dilakukan 3T juga kepada mereka-mereka yang terkena TBC. Hal ini seharusnya masuk dalam early warning. karena, menurut Wahdi, hampir setiap penyakit menular HIV dan TBC  itu early warning, kemudian lakukan 3T (Testing, Tracing, Treatment) itu harus dilakukan bersama.

" Wahdi juga menyampaikan, untuk kasus HIV di Kota Metro masih ada, yang artinya dalam hal ini, memutus mata rantai penyakit itu harus sampai zero, tentunya disini kita masih perlu edukasi-edukasi lagi, untuk menangani virus tersebut,"imbuhnya.

Kemudian, lanjut Wahdi, untuk penyakit TBC, lakukan pengobatan penyakit TBC secara tepat, karena TBC dapat disembuhkan. 

"Semoga, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan kepada teman-teman, masyarakat, mohon dukungannya untuk kegiatan ini dan saya berharap, untuk kedepannya, kegiatan seperti ini dapat diadakan di seluruh kelurahan dan kecamatan yang berada di Kota Metro," tandas Wahdi. 

Sementara, dr. Melly selaku Kepala Puskesmas Ganjar Agung menyampaikan, di Kota Metro ini ada dua fasilitas kesehatan yang saat ini menangani HIV, yaitu yang pertama RSU Ahmad Yani Metro, dan yang kedua Puskesmas Ganjar Agung. 

"Untuk penanganan HIV, memang betul tadi yang disampaikan oleh bapak walikota, hampir setiap penyakit menular HIV dan TBC  itu early warning yang pertama kali, kemudian lakukan 3T (Testing, Tracing, Treatment) itu harus dilakukan bersama. Karena, tercatat di kami, sekitar 70 orang yang melakukan pengobatan di Puskesmas Ganjar Agung. Tetapi, untuk Kota Metro sendiri sekitar 33%," ujar Melly. 

Melly juga menyampaikan, untuk penyakit HIV Aids itu tidak bisa dibilang sembuh. Karena mereka yang terkena HIV mendapatkan pengobatan seumur hidup. Akan tetapi, kalau penyakit TBC bisa sembuh total. 

"Untuk melakukan pengobatan atau memininalisir HIV dengan cara, melakukan pola hidup yang baik, pola sex yang aman, dan jauhi narkoba, karena itu salah satu pintu masuk penyakit HIV juga. Kalau untuk pengobatan HIV dilakukan seumur hidup, untuk nama pengobatannya yaitu ARV (Antiretroviral), jadi pengobatannya itu tidak sekali dipakai, akan tetapi seumur hidup, karena tidak bisa menjamin kuman itu total mati, melainkan mengurangi dan membuat kuman lemah," papar Melly. 

"Disini juga, kami selalu mendorong para pasien untuk menjaga pola hidup sehat, agar stamina antibodinya dapat bagus. Sehingga,  nantinya dapat melawan virus-virus tersebut," pungkasnya. (Nia)

0 Komentar

Silahkan Komentar