Parosil Sebut Pendidikan Indonesia Sedikit Kusam-Lebih Mengerut

Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus (topi Merah)

BlogGua, Lampung Barat - Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-76 dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 dengan tema 'Bangkit Guru Ku Maju Negeri Ku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh' di halaman Sekolah Kopi Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumber Jaya Kabupaten Lampung Barat, Kamis (25/11/2021).

"76 tahun kita menyapa guru serta segenap pelaku pendidikan lainnya. Namun, hampir dua tahun terakhir ini wajah pendidikan Indonesia sedikit kusam dan lebih mengerut daripada tahun-tahun sebelumnya, terkena imbas pandemi covid-19 yang melanda dunia," tutur Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus mengawali Pidatonya.

Kondisi ini, lanjut Parosil, membuat para guru terus berupaya untuk beradaptasi dengan situasi, kondisi, serta sistem belajar mengajar, guna membantu dan mengantar para murid ke gerbang pintu masa depan dengan ilmu pendidikan yang bermanfaat.

"Lahirnya sistem pembelajaran daring, sistem pembelajaran jarak jauh, hingga pembelajaran tatap muka dengan kondisi terbatas, tidak mematahkan semangat para guru untuk bisa terus mengabdi pada negara,"jelasnya.

Selain itu Parosil memaparkan, pandemi merupakan ujian hebat yang mengajak semua untuk memetik hikmah terkait dengan pendidikan. Guru-guru Indonesia giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi.

"Sikap-sikap positif ini dan semangat pantang menyerah adalah sebuah keteladanan untuk anak-anak kita, murid-murid kita, para penerus bangsa,"cetusnya.

Dijelaskan juga oleh Parosil, dengan karakter yang sabar dan pantang menyerah dalam pendidikan, semoga semua guru bisa bergerak menuju energi positif, menjadi pribadi yang baik, berpengetahuan, dan punya keterampilan yang dapat diandalkan dalam kehidupan sehari-hari 

"Pada kesempatan ini, saya ingin memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua guru, tenaga kependidikan, pemerintah daerah, para pemangku kepentingan pendidikan yang telah menciptakan perubahan dan inovasi yang sangat luar biasa,"imbuhnya. 

Dengan semangat juang yang tinggi dan kesabaran Bapak dan Ibu guru semua, sambung parosil, pembelajaran tetap terus berjalan meski dengan segala keterbatasan. 

lebih lanjut Parosil memaparkan, sekarang para orang tua semakin sadar akan pentingnya membimbing anak di rumah. Para guru semakin sadar akan pentingnya teknologi sebagai akselerator pendidikan, dan semua orang mungkin sudah mulai sadar bahwa pendidikan adalah investasi berharga di dunia pendidikan.

"Perangkat dari kesadaran tersebut, kita harus bangkit. entah itu sekolah pelosok maupun kota, entah iu sekolah ujung maupun di tepi jalan, masing-masing dari kita perlu saling mendukung, berkolaborasi, serta bersinergi untuk memulihkan pendidikan di negeri ini,"seruanya.

Untuk itu, ada peringatan hari guru nasional 25 november tahun 2021 ini Parosil mengajak semua untuk menggaungkan semangat kepedulian dengan balutan sikap optimis untuk kembali memulihkan negeri. 

"Kita sudah rindu melihat wajah pendidikan indonesia kembali tersenyum lepas. tapi tetap saja dibutuhkan keringat yang tidak sedikit,"harapnya. 

Berangkat dari kepedulian, Parosil pun mengajak semua untuk bergerak bersama-sama guna memulihkan kembali pendidikan di bumi pertiwi.

"Akhir kata, pada momentum yang berbahagia ini, saya dengan tulus mengucapkan selamat hari guru nasional yang ke-76 tahun 2021. Bergeraklah dengan dan dari hati, lalu bersatu kita demi memulihkan pendidikan,"pungkasnya.

Hadir dalam kegaiatan tersebt, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus selaku Pembina Upacara, Ketua Gerakan Literasi Daerah (GLD) Lampung Barat Partinia Parosil Mabsus, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat Bulki Basri, Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Barat Maidar, Kasat Pol PP Lampung Barat Haiza Rinsa, Camat Way Tenong dan Camat Sumber Jaya, Guru Pensiun/Purnatugas, Perwakilan Guru di Seluruh Kecamatan yang ada di Lampung Barat. (Diskominfo Lambar)

0 Komentar

Silahkan Komentar