Kehadiran FKBTI Tanggamus Diharapakan Dapat Menjaga Kerukunan Kebhinekaan

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (kiri)

BlogGua, Tanggamus - Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus berharap dengan kehadiran FKBTI dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat dengan tidak membedakan antar suku yang satu dengan yang lain dan mengantisipasi agar tidak ada perpecahan dalam wilayah Kabupaten Tanggamus.

Harapan tersebut sebagaimana disampaikan Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani saat menghadiri Acara Penganugerahan Festival Bhinneka Tunggal Ika Tanggamus Tahun 2021, di Aula Hotel 21, Gisting, Tanggamus, Senin (01/11/2021).

Sebelummnya Bupati mengapresiasi penyelenggaraan Festival Bhinneka Tunggal Ika, yang diinisiasi oleh FKBTI Kabupaten Tanggamus. Menurut Bupati, melalui kegiatan tersebut akan menumbuh kembangkan semangat Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi antar adat, budaya, etnis, suku, agama dan golongan di Kabupaten Tanggamus.

"Forum ini juga sebagai mitra Pemerintah Daerah guna merumuskan rekomendasi kepada Pimpinan Daerah. Dengan aktif menjaring aspirasi masyarakat dalam kebhinnekaan dan ikut membantu Pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam menanggulangi masalah-masalah konflik sosial kemasyarakatan," jelas Bupati.

Disamping itu, Bupati juga mengajak kepada semua untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa, hilangkan sekat itu bersama. Karena, lanjut bupati, yang dibutuhkan adalah semangat untuk bersama-sama memajukan Bumi Begawi Jejama dengan cara merekatkan persatuan dan kesatuan, sehingga nantinya akan timbul ide-ide dan inovasi yang bisa kita diambil.

"Melalui kegiatan ini, mari kita bersama-sama menjaga dan merawat keanekaragaman sebagai kekayaan dan jati diri bangsa guna mewujudkan toleransi antar adat, seni budaya, etnis, suku, agama dan golongan untuk memajukan Kabupaten Tanggamus yang kita cintai," tandas Bupati. 

Sementara Ketua FKBTI Tanggamus ,Rosihan Anwar menjelaskan, penyelenggaraan Festival Bhinneka Tunggal Ika Tanggamus 2021 dikemas dalam sebuah rangkaian kegiatan, yang terdiri dari Lomba Cipta Puisi, Lomba Tari Tradisonal, Lomba Cipta Musik Tradisional, Lomba Solo Song dan Lomba Pidato Kebhinnekaan yang diikuti secara virtual, yang dimulai sejak awal bulan Oktober lalu.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mendukung program kerja Pemerintah Kabupaten Tanggamus sebagai upaya menjaga keberlangsungan masyarakat dalam tatanan yang sejahtera, dalam kedamaian dan ketentraman,"pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Hi. AM. Syafi'i, Forkopimda Tanggamus, sejumlah Kepala OPD, Ketua FKBTI Tanggamus beserta jajarannya, serta Camat dan Uspika Kecamatan Gisting. (Diskominfo Tanggamus/den)