Jelang Peringatan Hari Pahlawan, Pemprov Lampung Mantapkan 3 Agenda

Suasana Rapat

BlogGua, BANDAR LAMPUNG - Asisten Pemerintah & Kesra Drs. Qudrotul Ikhwan, MM memimpin rapat pemantapan Hari Pahlawan ke-76 Tingkat Provinsi Lampung 2021 di Pemprov Lampung, Senin (08/11/2021).

Kegiatannya peringatan Hari Pahlawan, Rabu, 10 November 2021, berupa Renungan Suci Jasa Pahlawan, Upacara Bendera di Lapangan Korpri, dan Ziarah dan Tabur Bunga di Makam Pahwalan.

1. Renungan Suci Jasa Pahlawan

Acara ini melibatkan 20 anggota Pramuka SMA 2 Negeri Bandarlampung dengan membawa obor di Makam Pahlawan pada Rabu (10/11/2021), pukul 00.00 WIB. Mereka yang hadir renungan suci terdiri dari anggota TNI, Polri, ASN, dan Satpol PP sudah siap di lokasi pukul 23.30 WIB. 

Para veteran diharapkan melakukan renungan suci di rumah saja dan bisa mengikuti kegiatan upacara Hari Pahlawan di Lapangan Korpri. 

Walaupun masa pandemi Covid 19 sudah akan selesai, kegiatan upacara ini harus mematuhi protokol kesehatan (prokes). 

2. Upacara Bendera

Upacara bendera yang bisa diikuti para veteran digelar di Lapangan Korpri. Mereka yang hadir sekitar 93 anggota TNI-Polri, ASN, Satpol PP, ditambah 13 anggota BPBD. 

Total undangan 109 orang dan ditambah undangan di tarub/ tenda untuk para veteran, kepala satKer Forkopimda, dan Bank Indonesia masing-masing hanya diwakili 1 orang. 

3. Ziarah dan Tabur Bunga

Kegiatan yang akan dilakukan setelah upacara selesai dijadwalkan pukul 10.00 WIB dan diteruskan Tabur Bunga di Makam Pahlawan dan di Pelabuhan Pelindo. 

Qudrotul Ikhwan berharap para peserta dan panitia mendukung semua kegiatan, termasuk kesiapan, sarana dan prasarana.

Rapat dihadiri Komandan Korem 041, Polresta, Kepala BKD, Kadis Perhubungan, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan, Kasat Pol PP, Dirut RSUDAM, Karo Adpim, Karo Kesra, Karo Umum, Plt. Kadis Pemuda & olahraga, Kabag pada Biro Organisasi, Kabid pada Dinas Pendidikan & Kebudayaan.

Qudrotul Ikhwan menyampaikan bahwa Hari Pahlawan adalah para orangtua kita terdahulu, kepahlawanan dahulu yang membebaskan kita serta memperjuangkan kita dari penjajahan hingga merdeka. 

"Kalau konteks kekinian, seperti kita ini yang membahas tentang peringatan Hari Pahlawan. Bisa dibilang, pahlawan masa kini karena kita telah ikut berpartisipasi memperingati jasa pahlawan terdahulu," katanya. (Diskominfotik Provinsi Lampung).