Gubernur Arinal Buka Acara Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi

BlogGua, BANDAR LAMPUNG - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi membuka Kegiatan Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung, di Hotel Sheraton, Rabu (24/11/2021).

Menurut Gubernur Arinal Djunaidi, Festival Tapis Lampung Tahun 2021 yang mengusung tema "Spirit of Tapis" mengandung arti bahwa melalui kegiatan festival ini, harapannya akan terbangun peluang pasar produk kain tapis dalam bentuk transformasi produk Tapis Lampung. Dari produk budaya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi dan diharapkan dapat mendorong semangat kecintaan dan kebanggaan kepada salah satu warisan kearifan lokal masyarakat Lampung.

Selain itu, sekalipun dalam suasana darurat kesehatan, menurut Gubernur Arinal, ekonomi Lampung tetap tumbuh dan tidak mengalami hambatan. Festival Kemilau Tapis Lampung juga dilaksanakan tidak hanya untuk menampilkan karya UMKM tapi juga untuk meyakinkan masyarakat bahwa sesungguhnya ekonomi Lampung terus mengalami tren pertumbuhan yang positif.

Selain tapis, Gubernur juga berharap pakaian adat lampung untuk pria seperti Tumpal dapat lebih diangkat. Meski variasinya tidak sebanyak kain tapis tapi tumpal juga perlu ditampilkan sebagai salah satu pakaian adat Lampung.

"Kita bangga melihat Presiden menggunakan pakaian tumpal, itu yang menginisiasi saya, Saya minta kepada beliau dan Alhamdulillah diterima, tapi diprotes kenapa bukan tapis. Nah jadi ini makanya kita harus segera melakukan pendekatan agar masyarakat juga kita lebih tahu bahwa sesungguhnya pakaian adat Lampung itu juga untuk laki-lakinya yaitu tumpal," tutur Arinal. 

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Arinal juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan Festival Kemilau Tapis Lampung tahun 2021 sebagai bagian dari upaya yang dilakukan dalam rangka memberdayakan pengrajin tapis Lampung.

"Saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Dekranasda Provinsi Lampung dan jajarannya serta seluruh Dekranasda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung atas komitmen dan kerja keras serta membangun Sinergi dalam upaya mendorong daya saing UMKM pengrajin tapis kita, jadi kalau Dekranasdanya nanti upayanya agak tersendat kasih tahu saya, akan saya bantu dan berikan dukungan," tegas Arinal.

Sementara itu menurut Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal kain tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung yang menyelaraskan kehidupan, baik terhadap lingkungannya maupun sang pencipta alam semesta. Kain tapis dianggap sebagai kain yang memiliki makna simbolis yang sangat mendalam sebagai lambang kesucian dan wujud kepercayaan kepada sang pencipta alam.

"Zaman dahulu kain tapis dipakai hanya untuk kalangan eksklusif dan digunakan dalam upacara adat Lampung yaitu Lampung saibatin dan pepadun, namun seiring perkembangan zaman kain tapis telah berkembang menjadi fashion yang kreatif dan modern dan bernilai ekonomi tinggi mulai dari aksesoris, busana, dan interior yang unik dan berkualitas," ujarnya.

Menurut Riana Sari Arinal, Kemilau Tapis 2021 menjadi sangat penting bagi Provinsi Lampung sebagai momentum kebangkitan bagi industri kreatif Provinsi Lampung dalam mengangkat budaya unggulan Lampung dengan dukungan masyarakat Lampung dan partisipasi perajin serta mitra.

"Dengan seringnya ajang pameran kriya terutama kain tapis dalam beberapa tahun ini, menunjukkan perkembangan yang sangat positif, hal ini tidak terlepas dari perhatian dan dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dan mitra UMKM pengrajin Lampung dalam memajukan tapis di bumi ruwa Jurai," tutupnya.

Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021, menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Syamsurizal, selaku Ketua Panitia, tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk memperkuat promosi dan memperluas peluang pasar melalui promosi produk UMKM, khususnya produk tapis dan produk turunannya sekaligus sebagai sarana peningkatan kreasi dan inovasi serta fasilitasi pemasaran. Selain itu juga mendorong penguatan peran UMKM sebagai salah satu penggerak ekonomi dalam pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung.

Adapun kegiatan Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021 akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 24 - 26 November 2021 di Hotel Sheraton. Diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya Pameran yang menampilkan produk unggulan tapis dari 15 Kabupaten/Kota binaan dari Provinsi Lampung melalui Dinas Koperasi dan UKM provinsi Lampung dan Dekranasda Kabupaten/Kota serta Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung

Kemudian kegiatan pelatihan Tapis (coaching clinic) bertema Transformasi Tapis dari produk budaya menjadi produk ekonomis, Temu Bisnis dan UMKM, peragaan busana, dan pada hari terakhir akan diisi dengan penjualan dan lelang produk tapis dan turunannya dari seluruh peserta pameran yang akan dipandu langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati/Walikota Se-Lampung, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota Se-Lampung, parajin dan pelaku UMKM, Penerima penghargaan upakarti kepeloporan tapis tahun 1992 ibu Hajah Wati, Desainer Nasional Didit Maulana, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat Lampung. (Diskominfotik Provinsi Lampung)

0 Komentar

Silahkan Komentar