Arinal Resmikan Rehabilitasi Jalan Pugung Rahardjo - Jabung sepanjang 10,30 KM

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi

BlogGua, LAMPUNG TIMUR - Demi merajut konektivitas dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru. Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi meresmikan fungsionalisasi Ruas Jalan Pugung Rahardjo -Jabung yang telah direhabilitasi sepanjang 10,30 Km.

Peresmian tersebut, dilakukan oleh Gubernur Lampung saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (27/11/2021).

Menurut Arinal, Bidang Infrastruktur tetap menjadi prioritas pembangunan, terutama untuk menjamin konektivitas, efisiensi, dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru dengan melakukan  peningkatan dan pemeliharaan jalan provinsi.

"Perbaikan jalan menuju Jabung ini salah satu bentuk kepedulian saya. Saya ingin agar Jabung dan wilayah sekitarnya dapat mengikuti secara positif gerak langkah di Kecamatan atau Kabupaten di daerah lainnya," jelas Arinal.

Arinal berkeinginan untuk memajukan Jabung dan perekonomiannya, mengingat Jabung tidak berbeda dengan daerah lainnya. 

Saat peresmian jalan tersebut, Arinal juga  menyampaikan berbagai program unggulan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Program tersebut salah satunya adalah Kartu Petani Berjaya (KPB), yang dimaksudkan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui kemudahan dalam perolehan sarana produksi pertanian. Juga membuka akses keuangan permodalan perbankan, koperasi, LKM, dan/atau akses keuangan lainya yang sah. Kemudian pembinaan manajemen usaha  dan teknologi dalam bentuk pendampingan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi. Serta penanganan panen dan pasca panen dan pemasaran hasil usaha pertanian melalui pasar dan/atau pembeli. 

"KPB ini sangat membantu petani dalam meningkatkan pendapatan petani," ujar Arinal.

Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lampung Timur, Arinal turut menyerahkan berbagai bantuan secara simbolis. Diantaranya asuransi nelayan berjaya untuk 115 nelayan, alat penangkap ikan sebanyak 300 unit, bantuan budidaya ikan dalam ember.

Kemudian, alat bantu cool box, bantuan benih untuk 8 kelompok, bantuan pakan ikan, grobak display sebanyak 5 unit, rombong motor sebanyak 3 unit, cool box sebanyak 2 unit, bantuan kemasan produk kerajinan, alat pengukur kadar air lada, alat oven kripik dan alat oven lada 1 unit, alat sortasi lada 1 unit, serta penyerahan sertifikat halal untuk 4 IKM.

Selain itu, bantuan mobil ambulans sebanyak 1 unit untuk Desa Negara Batin Kecamatan Jabung, bantuan traktor roda 4  sebanyak 1 unit, dan traktor roda 2 sebanyak 1 unit, alat ukur kadar pati ubi kayu sebanyak 1 unit, bantuan bibit untuk 1 kelompok, pompa air sebanyak 2 unit, cultivator sebanyak sebanyak 1 unit, dan handsprayer 1 unit, dan KUR KPB.

Bantuan lainnya adalah pupuk organik, alat penyiram lahan, irigasi perpompaan sebanyak 1 unit, dan rehabilitasi tanaman lada, bantuan ternak berupa kambing 25 ekor untuk 1 kelompok dan sapi 60 ekor untuk 2 kelompok.

Bantuan berupa benang emas untuk pengrajin tapis, bantuan gazebo untuk desa bojong sekampung udik, bantuan buku sebanyak 148 eksemplar, Alat kesehatan mini oksigen sentral, serta bantuan pencegahan penyakit menular, perbaikan gizi masyarakat, pengadaan obat dan pembekalan kesehatan. 

Atas nama masyarakat Kabupaten Lampung Timur, Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo mengucapkan selamat datang kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Kabupaten Lampung Timur.

Dalam kesempatan itu, Dawam juga mengapresiasi dan menyambut baik kunjungan kerja di Kabupaten Lampung Timur, sekaligus meninjau pembangunan di Lampung Timur, termasuk menyerahkan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Lampung Timur.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian masyarakat Lampung Timur,"tutupnya. (Adpim)