Arinal Ajak PII Ikut Berkontribusi Dalam Pembangunan Lampung

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi

BlogGua, BANDAR LAMPUNG - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengajak Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ikut berkontribusi dalam menyukseskan berbagai program pembangunan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Lampung. 

Hal itu disampaikan Arinal saat membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) PII Lampung Tahun 2021 bertema "Transformasi Insinyur Unggul, Lampung Berjaya" di Hotel Novotel, Jum'at (26/11/2021). 

Turut hadir dalam acara ini Ketua Komite Pengembangan Organisasi DPP PII Qiqi Asmara. 

Pada kesempatan itu, Arinal mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung ke depan memiliki beberapa program unggulan dan strategis nasional yang memerlukan dukungan para insinyur. 

Menurutnya, Provinsi Lampung sendiri merupakan Provinsi penghasil pangan dan pendukung ketahanan pangan nasional. 

"Termasuk keterlibatan PII dalam pengembangan kawasan pariwisata, kawasan industri dan jaringan transportasi di Provinsi Lampung," katanya.

Arinal menyebutkan beberapa program pembangunan tersebut seperti pembangunan jaringan jalan dan jembatan serta pembangunan Rel Kereta Api (Jalur Ganda, Jalur Pintas - Short Cut). 

Selanjutnya, Pembangunan Kawasan Wisata Terpadu Bakauheni Harbour City dan pengembangan Bandara Radin Intan II dan Kawasan Kesehatan Internasional. 

"Semuanya menuntut karya dan kerja keinsinyuran yang profesional, beretika dan bertanggung jawab terhadap profesi mengikuti kaidah hukum yang berlaku," ujarnya. 

Arinal juga meminta para OPD terkait di lingkup Pemerintah Provinsi Lampung untuk melibatkan PII dalam melaksanakan programnya. 

"Melibatkan PII untuk diskusi bersama, saling berbagi pengalaman. Ini semua untuk mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya," katanya. 

Selain itu, Arinal juga minta PII bisa sejalan dan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung. PII dan membuktikan baktinya terhadap pembangunan di Provinsi Lampung.

Sementara itu, Ketua PII Lampung Taufik Hidayat mengatakan pelaksanaan Muswil PII Lampung ini karena kepengurusan PII Wilayah Lampung masa kerja 2018 - 2021 telah berakhir. 

"Disamping mengakhiri kepengurusannya yang lama tepat berakhir pada hari ini, juga akan membentuk kepengurusan yang baru masa kerja 2021 - 2024," ujar Taufik. 

Taufik mengatakan PII Wilayah Lampung siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Lampung mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya sesuai tema yang diambil pada kegiatan tersebut. 

Menurutnya, tema tersebut sejalan dengan tantangan insinyur kedepan yang dihadapi yang harus terus mengembangkan dirinya selaras dengan kemajuan teknologi, beretika dan mengembangkan tanggungjawab profesi keinsinyuran. 

"Sehingga mampu memberikan karya yang terbaik untuk kemajuan Lampung," katanya.(Adpim)