Riana Sari Resmikan Kegiatan Pemeriksaan 1000 Pasang Mata Penderita Diabetes Melitus

Ketua TP. PKK Provinsi  Lampung, Riana Sari Arinal

BlogGua, BANDAR LAMPUNG -  Ketua TP. PKK Provinsi  Lampung, Riana Sari Arinal meresmikan kegiatan pemeriksaan 1000 mata, di Poly Mata RSU Abdul Moeloek, Kamis  (28/10/2021).

Pada kegiatan peresmian tersebut,  Riana Sari didampingi Wakil Ketua II, Rusdiana Dewi,  Sekretaris PKK beserta jajaran Pengurus TP. PKK Provinsi Lampung, Kadis Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak, Ketua IDI Lampung,  Wakil direktur RSUAM dan pejabat struktural dilingkungan RSUAM. 

Dalam laporannya, Ketua Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) cabang Lampung,  dr. Yunita Shara, Sp.M menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan mata pada hari ini sebagai rangkaian peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2021 dengan tema Love Your Eyes cegah kebutaan akibat diabetes melitus.

Kegiatan pemeriksaan mata diselenggarakan oleh PERDAMI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Lampung yang diprioritaskan bagi penderita diabetes melitus dengan target sasaran 1000 pasang mata.

dr. Yunita menjelaskan, Hari Penglihatan Sedunia diperingati setiap Minggu ke 2 di bulan Oktober setiap tahunnya.

Bersamaan dengan peresmian kegiatan pemeriksaan 1000 mata pada hari ini juga telah dilakukan pemeriksaan terhadap 50 pasien dibetes melitus, 200 mata telah diperiksa sejak Oktober dan akan terus dilakukan setiap hari kerja bertempat di poly mata RSUAM.

Sementara itu dalam sambutannya, Direktur RSUAM, yang diwakili Wadir bidang Pelayanan,  dr. Mars Dwi Tjahjo, Sp,U. menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan pemeriksaan dengan target 1000 pasang  mata dimaksudkan sebagai upaya untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah mata dan menemukan kasus mata khususnya penderita diabetes melitus.

Dikesempatan yang sama, Ketua TP. PKK Provinsi Lampung, Riana Sari arinal menyampaikan rasa bangga dan kebahagian sekaligus rasa syukur,  dengan kemajuan yang  telah dicapai oleh rumah sakit Umum Abdul Moeloek yang telah mampu menyelenggarakan pemeriksaan mata secara khusus, sehingga masyarakat penderita penyakit mata tidak perlu lagi melakukan pengobatan di luar provinsi Lampung.

Riana sari juga memberikan apresiasi kepada segenap pengurus PERDAMI yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat membantu masyarakat.

"Apresiasi dan ucapan terimakasih saya sampaikan kepada seluruh pengurus PERDAMI atas terselenggaranya acara pemeriksaan mata pada hari ini', ucap Riana Sari.

Menurut Riana Sari, peringatan hari Penglihatan Sedunia pada tahun ini  dengan tema Cintai matamu harus menjadi pengingat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat untuk merawat mata dan mencegah kebutaan terutama kelompok penderita diabetes yang memiliki resiko kebutaan.

Riana Sari juga berpesan kepada seluruh undangan yang hadir untuk selalu menerapkan protokol kesehatan disetiap aktivitas sekaligus mengingatkan bahwa  Pandemi Covid-19 belum berakhir.

Pada kesempatan itu, Riana Sari juga menyerahkan bingkisan secara simbolis paket bingkisan berupa Mug, Kacamata Baca dan handuk kepada 1000 pasien mata yang diterima perwakilan pasien. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan pemeriksaan mata  pasien mata.

Acara dihadiri pengurus PERDAMI,  IDI wilayah  Lampung, Direktur RS. Bandar Negara Husada, Jajaran   RSUAM,  jajaran pengurus TP. PKK Provinsi Lampung dan perwakilan pasien mata. (Diskominfotik Lampung).