Riana Sari Arinal Resmikan Gerai Donor Darah

Riana Sari Arinal (kiri)

BlogGua, Bandar Lampung - Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal melaunching Gerai Donor Darah dalam rangka memperingati HUT PMI Ke-76, bertempat di Markas PMI Provinsi Lampung Jl. Hasanuddin No.26 Teluk Betung, Jum'at (17/9/21).

Wakil Ketua PMI Provinsi Lampung, Rudi Syawal mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19 terjadi penurunan ketersediaan darah transfusi yang signifikan sebagai dampak pembatasan aktivitas berkumpul.

Saat ini, ketersediaan stok darah di UDD PMI Provinsi Lampung yaitu Stok Darah Biasa sebanyak 97 Kantong dan Stok Plasma Konvalesen sebanyak 65 kantong.

Terkait plasma konvalesen, Rudi Syawal secara khusus menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Arinal Djunaidi karena atas bantuannya, stok plasma konvalesen semakin meningkat.

"Alhamdulillah semenjak PMI Provinsi Lampung mendapat bantuan berupa alat penunjang Sterile Connecting Device (SCD) dari Gubernur Lampung, ketersediaan plasma konvalesen semakin meningkat dan membantu dalam penanganan Covid-19," ungkap Rudi.

Rudi Syawal juga melaporkan, Plasma Konvalesen yang telah disalurkan oleh UDD PMI Provinsi Lampung dari bulan Januari - September 2021 sebanyak 582 kantong.

Peringatan HUT PMI tahun ini mengusung tema "Bergerak Bersama, Untuk Sesama". Riana Sari dalam sambutannya menerangkan, tema tersebut mengandung makna bahwa PMI harus bergerak bersama dalam jalinan koordinasi dengan setiap pemangku kepentingan serta mempererat dan memperluas jejaring kemitraan guna mempermudah dan mempercepat pelayanan kemanusiaan. 

"Saya mengajak semua pihak agar kita dapat bersinergi bersama untuk menunaikan tugas kemanusiaan," ajak Riana Sari.

Terkait pembukaan Gerai Donor Darah di Markas PMI Provinsi Lampung, Riana Sari berharap, dengan dibukanya Gerai Donor Darah tersebut dapat melayani masyarakat yang tinggal dan bekerja di sekitaran wilayah Telukbetung yang akan mendonorkan darahnya.

"Hadir di tengah-tengah kita anak-anak thalasemia yang mudah-mudahan menjadi penyemangat bagi kita semua bahwa darah yang kita donorkan dapat membantu kehidupan orang lain," pungkas Ketua PMI Provinsi Lampung.

Di sela acara, dilakukan penyerahan Sertifikat dari Badan POM RI dan Plakat dari Organisasi Donor Darah Sukarela (DDS) Bandar Lampung serta bingkisan kepada Ketua PMI Provinsi Lampung.

Di akhir acara dilakukan pengguntingan pita oleh Ketua PMI Provinsi Lampung menandai peresmian Gerai Donor Darah dilanjutkan dengan meninjau Gerai Donor Darah.

Pada peringatan HUT Ke-76 PMI ini juga diselenggarakan kegiatan donor darah dengan target 76 pendonor, podcast oleh Ketua PMI Provinsi Lampung dan Pentas Seni oleh anak-anak penyintas thalasemia.

Hadir dalam peringatan HUT Ke-76 PMI ini Sekretaris Dewan Kehormatan PMI Provinsi Lampung, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Ketua bidang Infokom PMI Provinsi Lampung, Perwakilan Bank Mandiri dan Bank Danamon Cabang Telukbetung, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Lampung, Komunitas Thalasemia Kota Bandar Lampung. (Diskominfotik)

0 Komentar

Silahkan Komentar