Pemerintah Lampung Barat Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Suasana Rakor

BlogGua, Lampung Barat - Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan penyebaran covid-19 dan percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat di ruang rapat Aula Rupatama Polres Lampung Barat, Senin (27/09/2021).

Mengawali koordinasi, Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat mengapresiasi langkah konkrit Polres Lambar terkait pelaksanaan penanganan vaksinasi covid-19 ini.

"Kita sudah berupaya sesuai tindakan dan kewenanagan masing masing, baik dari Pemkab, TNI, Polri dan juga backup dari ikatan profesi lainnya,"imbuhnya.

Dijelaskan Parosil, bicara vaksinator kita siap, mulai dari kelembagaan yang konteksnya pemerintah pekon, kecamatan dan dari unsur komunitas juga sangat oke, tetapi kendalanya kita akui keberadaan vaksin itu sendiri. Sehingga perlunya didiskusikan dan sinkronisasi keberadaan vaksin itu.

"Ini manfaatnya koordinasi untuk melakukan langkah cepat dan tanggap,"tegas Parosil.

Selain itu Parosil mengusulkan, alangkah indahnya jika vaksinasi dilakukan di tempat yang sejuk, seperti di tempat wisata, pasar atau lapangan tempatnya tidak mencekam seperti di Puskesmas, kalau di Puskesmas kesannya seperti berobat.

"Saya berharap Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) segera membuat agenda pelaksanaan vaksin,"cetusnya.

Disamping itu parosil meminta agar seluruh peratin segera data masyarakat di pekonnya. Pekon mana yang tinggi belum di vaksin, segera lapor. Lebih baik bahasanya dor to dor atau jemput bola.

"Sekali lagi saya mengapresiasi yang dilakukan Kapolres Lampung Barat mengenai vaksinasi, mudah-mudahan ini dapat memantapkan strategi vaksin di lapangan. Kita berkolaborasi antara Pemda, TNI dan Polri, dengan kolaborasi yang kita lakukan mudah-mudahan pemerintah pusat melihat keseriusan kita dalam penanganan covid ini,"tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Lambar AKBP Hadi Saeful Rahman mengatakan, penanganan dan Pencegahan covid-19 di Kabupaten Lampung Barat dan Kabupaten Pesisir Barat dalam pelaksanaannya harus saling bersinergi.

"Rapat Koordinasi ini meminta tanggapan dari Bupati Lampung Barat, Bupati Pesiair Barat, Ketua DPRD dan Dandim terkait apa yang harus kita lakukan,"tuturnya.

Kenapa harus sinergi, lanjut AKBP Hadi, karena pandemi covid-19 ini merupakan masalah kita semua, baik nasional maupun internasional, semua membicarakan tentang covid ini.

"Strategi apa yang harus kita pakai terkait penanganan covid ini, kita lihat bagaiamna penyebaran covid di Lambar dan Pesibar  memasuki zona kuning, tapi kita tidak boleh terlena,"terang AKBP Hadi.

Harapan output dari penanganan covid ini menjadikan situasi masyarakat sesuai yang diharapakan, yaitu tercapainya masyarakat sehat terbebas covid-19.

"Kita terbebas dari covid-19 menjadikan indonesia sehat, Indonesia maju,"pungkasnya.

Usai melakukan Rakor, seluruh peserta Rakor melakukan Fun Shooting (Latihan Menembak) di Lapangan tembak Parama Satwika lingkungan Polres setempat yang dipimpin langsung Kapolres Lambar AKBP Hadi Saeful Rahman.

Tampak hadir dalam acara, Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus, Bupati Pesisir Barat (Pesbar) Hi. Agus Istiqlal, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lambar Edi Novial, Kapolres Lambar AKBP Hadi Saeful Rahman, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Benni Setiawan, Kepala Kejaksaan Negeri Lambar diwakili Kasi Intelijen Atiek Ariyosa, Anggota DPRD Pesibar, Kepala Dinas Kesehatan Lambar dan Pesibar, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar, Kasat Pol PP Lambar dan Pesibar, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Lambar-Pesibar. (Diskominfo Lambar)

0 Komentar

Silahkan Komentar