Arinal Serahkan Piala Pemenang Lomba Wana Lestari Tahun 2021

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi (batik Kuning)

BlogGua, BANDAR LAMPUNG - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi didampingi Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yayan Ruciyansah, secara simbolis menyerahkan Piala dan Sertifikat Penghargaan kepada para pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021, di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Jum'at (25/09/2021).

Lomba Wana Lestari diselenggarakan sebagai suatu metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menilai prestasi perorangan, kelompok atau aparatur pemerintah dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Yayan Ruciyansah menerangkan dari 6 orang juara tingkat Provinsi, dua orang diantaranya berhasil memenangkan juara 1 Tingkat Nasional pada Lomba Wana Lestari yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Yakni untuk kategori Penyuluh Kehutanan PNS dan Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM)

Sementara itu dalam arahannya Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menyampaikan apresiasi kepada para pemenang Lomba Wana Lestari. "Mari kita sama-sama menjaga hutan, apalagi dengan predikat yang telah bapak/ibu peroleh menjadi pejuang sebagai pelestari alam, jangan sampai hutan dialih fungsikan," ucap Arinal.

Untuk itu Gubernur Arinal berharap agar Dinas Kehutanan dan UPT yang menangani dapat bekerjasama dengan masyarakat dalam pelestarian hutan, "Hutan Produksi boleh, tapi jangan sampai ada sertifikat perorangan. Kalau hutan tidak kita jaga, maka produksi-produksi yang terkait dengan sektor pertanian bisa tergangu." tutur Arinal

"Hutan produksi harus segera diinisiasi, tanam pohon yang memiliki nilai ekonomis, tapi tetap dapat menjaga fungsi hutan, seperti pohon pete dan sebagainya," pungkasnya.

Adapun nama-nama pemenang Lomba Wana Lestari Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2021, yakni sebagai berikut :

1. Tri Endah Anggareni dari UPTD KPH Gunung Balak, Kategori Penyuluh Kehutanan PNS

2.  Slamet dari UPTD KPH Gunung Balak, Kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM)

3. M. Mufid Ketua KTH Sidomulyo 5 dari UPTD KPH Gunung Balak, Kategori Kelompok Tani Hutan (KTH)

4. Rona Fitri Kartiniyadi, S.Pd. dari Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Bengkulu, Kategori Kader Konservasi Alam (KKA)

5. Suyanto Ketua Gapoktan Wana Lestari dari UPTD KPH Liwa, Kategori Pemegang izin hutan kemasyarakatan.

6. Sabto Ketua LPHD Totoharjo dari UPTD KPH Way Pisang, Kategori Lembaga Pengelola Hutan Desa

(Diskominfotik Lampung)

0 Komentar

Silahkan Komentar