Wabup Lambar Sampaikan 4 Harapan Untuk Pejabat Yang Baru Dilantik

Wakil Bupati Lampung Barat, Mad Hasnurin

BlogGua, Lampung Barat - Pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik agar tetap berjalan, terutama dalam kaitannya dengan kegiatan prioritas pembangunan.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Lampung Barat (Wabup Lambar), Mad Hasnurin dalam acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Fungsional dan Pengawas Kabupaten Lampung Barat Tahun 2021 di Lobby Kantor Bupati Lampung Barat, Selasa (31/08/2021).

"Saya atas nama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lampung Barat menyampaikan selamat kepada saudara-saudara yang baru saja dilantik, kiranya amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dipundak saudara-saudara sekalian, benar-benar dijalankan dengan penuh tanggung jawab," tutur Wabup Hasnurin mengawali sambutannya.

Hal ini penting untuk dipahami dan dijiwai, lanjut Hasnurin, karena konsekuensi dari pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggung-jawabkan kepada bangsa, negara dan masyarakat semata, akan tetapi lebih dari itu dipertanggung-jawabkan dihadapan Allah SWT, Tuhan yang maha esa.

"Kegiatan pelantikan dan mutasi jajaran pejabat setiap instansi pemerintah adalah bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, serta merupakan bagian dari pola pembinaan karir pegawai," Jelas Hasnurin.

Sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja, masih kata Hasnurin, pelantikan ini dapat dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan dan kepentingan tertentu.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Hasnurin menyampaikan beberapa harapan kepada para pejabat yang dilantik, yakni: 1. Senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab; 2. Bersifat sensitif dan responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru yang timbul baik di dalam maupun di luar organisasi; 3. Mempunyai wawasan jauh ke depan dan mampu melakukan terobosan yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan kepentingan organisasi; 4. Sistemik untuk mempunyai kemampuan untuk mengkombinasikan berbagai sumber dan memanfaatkan sumber daya secara optimal sehingga dapat produktivitas kerja secara maksimal.

Untuk diketahui:

Tiga nama pejabat eselon II yang diroling sebagai berikut :

1. Daman Nasir yang sebelumnya menjabat kepala Disdukcapil dilantik menjadi Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja.

2. Ruspan Anwar yang sebelumnya menjabat kepala dinas ketahanan pangan dilantik sebagai kepala Disdukcapil.

3. Edi Yusuf yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP, dan Tenaga Kerja dilantik sebagai kepala dinas ketahanan pangan.

Selain tiga pejabat eselon II ada juga lurah Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit yang turut dilantik yakni Agusrin yang sebelumnya dijabat oleh Saukat, namun telah purna tugas. Kemudian di angkat dalam jabatan fungsional sebanyak 12 orang mulai Polpp, fungsional kesehatan, auditor, dan medik veterinier.

Tampak hadir dalam acara, Wakil Bupati Lampung Barat (Lambar) Mad Hasnurin, Sekretaris Daerah Akmal Abd. Nasir, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung Ahmad Syaifullah, Staf Ahli dan Assisten. (Diskominfo)