Bupati Parosil Sebut Pelaksanaan HUT RI ke 76 Sangat Menyedihkan

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (masker Merah-Putih)

BlogGua, Lampung Barat - Walaupun sama-sama kita mengetahui pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ini untuk kedua kalinya dalam suasana di tengah pandemi covid-19. Tahun lalu suasananya cukup meriah, tetapi di tahun ini sungguh sangat menyedihkan karena di Kabupaten Lambar memasuki leve 4 terkait dengan pencegahan dan penanganan covid-19.

Hal tersebut dikatakan Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus dalam Pidato Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 di di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Lampung Barat, Selasa (17/08/2021).

"Tetapi tentu dengan suasana yang penuh kesederhanaan tidak akan mengurangi nilai dan makna yang terkandung dari peringatan HUT RI ke-76,"imbuhnya.

Disamping itu, Bupati Parosil menyampaikan pesan dan mengajak semua untuk sama-sama mengisi kemerdekaan RI di tengah pandemi covid-19 dengan konsep persatuan dan kesatuan, dengan konsep gotong royong dan kebhinekaan.

"Karena kebersamaan inilah yang akan mengokohkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tidak konteks kita saling menyalahkan, karena  tentu tidak ada diantara kita yang sempurna," ujar Bupati Parosil seraya mengatakan,"Pada kesempatan ini kami mohon dukungan kepada para veteran yang mewakili dari jajaran-jajarannya ataupun veteran yang ada di Kabupaten Lambar, mohon doa restunya pak, mudah-mudahan wabah covid-19 ini segera berakhir,”ucapnya.

Selain itu, Bupati Parosil menyampaikan salam khusus dan terimakasih spesial khusus kepada keluarga besar tenaga kesehatan di Kabupaten Lambar, wabil khusus yang hari ini menerima penghargaan dari pak bupati terkait dengan pengabdian dan dedikasinya dalam rangka pelayanan penanganan covid-19.

Salah satu tenaga kesehatan kita di Kabupaten Lampung Barat sudah dipanggil oleh Allah SWT, lanjut Bupati Parosil, tentu kita berdoa mudah-mudahan segala pengabdiannya, segala jerih payahnya akan dicatat oleh Allah SWT sebagai catatan amal ibadah.

"Kita sama-sama berdoa semoga seluruh tenaga kesehatan baik yang ada di tingkat pekon, di kecamatan dan juga yang ada di tingkat kabupaten mudah-mudahan diberi kekuatan, diberikan kemampuan, diberi keselamatan, tapi yang paling utama diberikan keikhlasan untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat yang ada di Lampung Barat dalam rangka menghadapi covid-19," doa'nya.

Lebih lanjut Bupati Parosil mengingatkan, tidak menginginkan adanya persoalan atau kasus tentang pelayanan yang buruk dari tenaga kesehatan terhadap masyarakat yang ada di Kabupaten Lambar yang ingin memberikan pelayanan kesehatan  terkait dengan penanganan covid dan penyakit-penyakit lainnya.

"Saya ingin mengingatkan kepada seluruh jajaran tenaga kesehatan agar bekerja sesuai dengan kode etiknya, berikanlah pelayanan yang baik sesuai dengan pitu program Pemkab Lambar yaitu pelayanan kesehatan yang berkualitas,"serunya. 

Hari ini betul-betul saudara sedang diuji, masih kata Bupati Parosil, saudara dicoba untuk berbuat yang terbaik, saudara diuji bagaimana caranya memberikan pelayanan yang cepat dan tidak membeda-bedakan status atau kelas dan golongan ataupun keluarga.

Untuk itu Bupati Parosil menghimbau kepada masyarakat, seandainya memang ada sakit yang dirasakan tidak usah sungkan-sungkan untuk melakukan konsultasi ataupun pemeriksaan ke puskesmas ataupun rumah sakit, karena hal ini yang menjadi problem paling utama.

"Saya juga menyampaikan selamat kepada anak-anak yang mendapatkan beasiswa seni dan budaya, beasiswa seni dan budaya ini sudah memasuki tahun kedua, pak bupati berharap prestasi ini tolong dipertahankan dan dibanggakan, jangan sampai nanti program Pemkab Lambar terkait dengan beasiswa seni dan budaya ini tidak memiliki manfaat terhadap keluarga dan masyarakat Lampung Barat dalam rangak menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada di Lampung Barat," paparnya. 

Tak lupa, Bupati Parosil juga mengingatkan, Lampung Barat ini kaya dengan seni dan budayanya, inilah tugasnya kedepan bagaimana menjaga dan melestarikan seni budaya yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

"Ini merupakan program kedua dari pak bupati terkait dengan beasiswa, karena beasiswa yang pertama adalah beasiswa kedokteran, nah ini adalah untuk beasiswa seni dan budaya,"cetusnya.

Diakhir Bupati Parosil mengucapkan selamat juga kepada para Kementerian Agama (Kemenag) Lambar yang sudah mendapat penghargaan dari pramuka, mudah-mudahan penghargaan ini akan menjadi sebuah motivasi tersendiri bagi saudara-saudara dalam rangka mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah kepramukaan.

"Tentunya kepramukaan ini adalah kemanusiaan, jadi kita dituntut kepekaan dan kepedulian kepada sesama manusia, dan tentu hari ini di situasi yang sangat sulit seperti ini, pramuka juga harus ikut andil dan peduli dan mau tahu dengan situasi kondisi kesulitan yang dirasakan oleh masyarakat kita saat ini,"pungkasnya.

Untuk diketahui:

Peringatan HUT RI Ke-76 di Lampung Barat dimulai dengan upacara penaikan bendera peringatan detik-detik proklamasi. Dilanjutkan dengan ziarah nasional tabur bunga di taman makam pahlawan Suka Negeri Pekon Kubu Perahu Kecamatan Balik Bukit. Kemudian menyaksikan upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI secara virtual di Istana Kepresidenan. Selanjutnya ramah - tamah bersama veteran dan pemberian tali asih kepada 2 orang veteran. Pemberian penghargaan untuk 1 orang tenaga kesehatan yang gugur (meninggal) dalam tugas atas nama Anwar Sobirin bin Purwadi. Pemberian Beasiswa Seni Budaya kepada 2 orang mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi Lampung. Pemberian penghargaan dari Pramuka kepada tiga orang, yakni atas nama Maryan Hasan S.Ag, M.Pdi.,  yang juga Kepala Kementerian Agama Lambar (penghargaan lencana pancawarsa), Ahmad Syukri S.Pd, MM., (penghargaan lencana karya bakti) dan Al Yasir S.Ip, MM., (penghargaan lencana darma bakti). 

Tampak hadir juga dalam acara, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lambar Edi Novial S.Kom., Kepala Kjaksaan Negeri Lambar Riyadi SH., Kapolres Lambar AKBP Hadi Saepul Rahman, Dandim 0422/LB Letkol Czi Benni Setiawan, Sekda Lambar Akmal Abd. Nasir SH., Staf Ahli, Assisten, Kepala Perangkat Daerah, Ketua TP PKK Lambar, Ketua GOW Lambar dan para Veteran. (Diskominfo)