Bupati Pesibar Buka Pelatihan Kewirausahaan dan Kejuruan

BlogGua, Pesisir Barat - Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal membuka Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan dan Pelatihan Kejuruan (Vocational) Bidang Pariwisata (Home Stay Pengelolaan Makanan dan Minuman).

Kegiatan tersebut di laksanakan di Sunset Beach Losmen, Pekon Wayredak Kecamatan Pesisir Tengah, Senin (3/8/20).

Hadir dalam undangan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung yang diwakili Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Harry Hardjuno, dan para Narasumber Pelatihan, yaitu Kepala UPTD Balai Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung Anca Oktavianus Usman.

Dalam sambutan bupati mengatakan, pembangunan di suatu daerah hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat dan pertumbuhan ekonomi agar stabil dan agar dalam keadaan naik terus. Oleh karena itu target utama yang menjadi landasan munculnya program-program nasional adalah pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.

Menyikapi persoalan kemiskinan dan pengangguran, program pendidikan kecakapan hidup terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran.

"Pada era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat hampir setiap saat, perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor kehidupan masyarakat sebagai akibat dari pesatnya kemajuan dan perkembangan IPTEK.

"Salah satu sektor yang senantiasa menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh setiap negara adalah faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja. Kedua sektor ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya," kata bupati.

Ia menambahkan, ketidak seimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran yang pada giliran selanjutnya akan membawa dampak pada pembangunan sosial ekonomi dalam kehidupan masyarakat yang semakin tidak menentu.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka untuk menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan kewirausahaan.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini, dalam rangka untuk lebih memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat di daerah kita ini," ujar dia.

Hadir pada kegiatan itu, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas Kabupaten, Peserta Pelatihan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten, dan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah se-Kabupaten Pesisir Barat.

(Wari)||editor:pzr

0 Komentar

Silahkan Komentar