Gelombang Laut Melanda, BPBD Pesibar: Itu Fenomena Alam

BlogGua, Pesisir Barat - Gelombang pasang laut melanda pemukiman warga yang berada di pinggir pantai kabupaten Pesisir Barat .

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat, Syaifullah mengatakan, gelombang pasang terjadi di Pekon Penengahan Kecamatan Lemong.

Ia pun menghimbau agar masyarakat khususnya yang tinggal di pinggir pantai untuk waspada dengan kondisi cuaca saat ini.

"Penengahan Lemong, himbauannya waspada," kata Syaifullah, melalui whatsapp, Rabu (27/05/2020).

Selain itu, kata Syaiful, hal tersebut sudah merupakan fenomena alam karena wajar dan hampir setiap tahun terjadi gelombang pasang sepanjang perairan kabupaten ini dan tentunya hal ini juga harus disikapi warga, khususnya yang tinggal di pinggir pantai untuk waspada atau mengungsi sementara kalau memang dirasakan kondisi alam tersebut membahayakan keselamatan.

Lanjut Syaiful, sampai saat ini tidak ada korban jiwa atau kerusakan fatal akibat gelombang pasang yang terjadi.

Sementara, dari informasi yang dihimpun, gelombang pasang laut naik hingga mendekati pemukiman warga, ke jalan -jalan, lingkungan dan jalan raya yang posisinya berada di pinggir pantai.

Seperti yang beredar di media sosial, antara lain terjadi di kecamatan Pulau Pisang, Pekon Baturaja Kecamatan Pesisir Utara dan di pemukiman warga yang ada di wilayah kecamatan Lemong. Tumpukan sampah kayu daun-daunan naik mengotori daratan.

(Wari)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget