Pemprov Lampung Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-71

BlogGua, BANDARLAMPUNG --- Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-71 Tahun 2019 Tingkat Provinsi Lampung digelar Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Kamis (19/12/2019). Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Irwan Sihar Marpaung menjadi inspektur upacara yang menyampaikan amanat tertulis Presiden RI Joko Widodo. Acara peringatan diikuti Forkopimda dan pegawai ASN Pemprov Lampung.

Pada kesempatan tersebut, Irwan Sihar Marpaung menyampaikan pentingnya penanaman nilai-nilai Bela Negara.

Nilai-nilai tersebut meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur, di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia.

Hal lain yang disampaikan Irwan Sihar adalah pentingnya Sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan memiliki nilai-nilai dasar Bela Negara

Ini diperlukan untuk kemajuan bangsa, mencetak lapangan kerja, mendorong peningkatan sumber daya pembangunan, dan mereformasi birokrasi pemerintahan.

“Tanpa sikap dan perilaku Bela Negara, maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah, tak akan mencapai keadilandan kemakmuran yang dicita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa,” ujar Irwan membacakan amanat Presiden.

Ke depannya, lanjut Irwan, diharapkan Aksi Bela Negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematif dan massif dengan prioritas dan impelementasi yang terukur sesuai dengan presepsi dan aspirasi masyarakat.

“Bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintahan, teruslah mereformasi diri meningkatkan transparanasi dan akuntabilitas pelayanan publik. Bagi yang belajar mengajar teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat, yang mengabarkan berita teruslah menjadi penerang informasi masyarakat, yang menjalankan usaha tingkatkan terus daya saing," kata Irwan.

Demikian pula dengan segenap masyarakat dengan beragam profesi, diminta menjadikan bidang profesinya sebagai ladang bela Negara.

(Humas Prov Lampung)