Gubernur Arinal Terus Percepat Penanggulangan Kemiskinan

BlogGua, BANDARLAMPUNG – Usai ditetapkannya locus (lokasi) Program Desa Berjaya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menindaklanjuti program itu dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Program Desa Berjaya, di Hotel Yunna Bandar Lampung, Selasa (10/12/2019).

Langkah ini dilakukan sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Provinsi Lampung. Rapat penetapan locus (lokasi) Program Desa Berjaya sendiri dilakukan Pemprov pada 29 November 2019 lalu di Kantor Baakai Bahasa.

Rakernis dibuka Asisten Bidang Administrasi Umum Chandri, mewakili Gubernur Arinal Djunaidi dan bertujuan mempertegas beberapa hal terkait permasalahan-permasalahan yang ada di desa-desa sangat tertinggal dan desa yang terdampak bencana di Provinsi Lampung.

Chandri menjelaskan harus dilakukan pemilahan berbagai permasalahan di desa yang dapat ditangani oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait. Hal ini dapat ditangani dengan menggunakan dana desa, yang dapat diintervensi oleh pihak ketiga serta yang dapat diselesaikan melalui swadaya masyarakat desa.

”Tidak hanya itu, setiap tindakan harus diperjelas dengan volume kegiatan, dimensi, faktor pendukung atau faktor penghambatnya serta rencana anggaran kegiatan dan waktu pelaksanaan,” jelasnya.

Dengan dimasukkannya ke dalam rencana strategis dan prioritas setiap perangkat daerah dalam upaya penanggulangan kemiskinan di pedesaan, Chandri berharap setiap permasalahan dan potensi yang ada di desa lokasi program Desa Berjaya dapat diketahui, dipahami dan menjadi perhatian semua Stakeholder terkait.

Chandri menilai pencampaian tujuan program Desa Berjaya dapat dikatakan berhasil, apabila masyarakat ikut berpartisipasi secara aktif dalam setiap pengambilan keputusan dan kegiatan yang menyangkut kepentingan masyrakat itu sendiri.

“Namun hal tersebut tidaklah cukup bila sifatnya hanya mobilisasi masyarakat, oleh sebab itu bentuk partisipasi dalam rangka mensukseskan program ini perlu dipahami dengan baik,” ujarnya.

Dalam penutup sambutannya, Chandri menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terkait yang telah berperan aktif dalam menyusun dan merencanakan program Desa Berjaya.

(Humas Prov Lampung)

0 Komentar

Silahkan Komentar