IGTKI dan PGRI Lampung Utara Gelar Karnaval PAUD

BlogGua, Lampung Utara - Plt. Bupati Lampung Utara menghadiri Karnaval PAUD Tingkat Kabupaten Lampung Utara dalam rangka menyambut Hari Guru Nasional Tahun 2019. Di Halaman Pemda Kabupaten Lampung Utara. Jum'at (15/11/2019).

Hadir Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, Kakimal, Kepala Kemenag Lampung Utara, serta TK/PAUD se-Kabupaten Lampung Utara.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Lampung Utara mengatakan sangat menyambut baik diadakannya Karnaval PAUD Tingkat Kabupaten Lampung Utara pada pagi hari ini, dan memberikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada segenap Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) dan PGRI Kabupaten Lampung Utara, serta berbagai pihak yang telah berjuang mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa, melalui berbagai penyelenggaraan pendidikan dan berbagai gelaran kegiatan dan perlombaan.

Perlu untuk dipahami, lanjut Budi, bahwa perkembangan kehidupan anak-anak masa kini merupakan awal dari mata rantai yang sangat menentukan masa depan bangsa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, menyiapkan generasi muda yang berkualitas sejak dini sebagai calon penerus dan pewaris bangsa, berarti harus membangun kehidupan anak sejak usia dini.

Anak-anak perlu diberikan bekal keimanan dan pengetahuan, kepribadian dan keterampilan, kecerdasan dan jiwa semangat kebangsaan, serta kesegaran jasmani dan rohani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhur, bermoral, cerdas, dan berdaya saing.

Melalui ajang karnaval seperti ini, yang merupakan salah satu ajang kreatifitas bagi anak usia dini, adalah sebuah gagasan maju untuk menumbuhkembangkan segala potensi yang ada pada diri anak-anak, sekaligus untuk mengenalkan keberagaman budaya dan aneka profesi, termasuk mengenalkan keberagaman flora dan fauna yang ada di negara kita.

Apalagi dari peserta karnaval ini, anak-anak ada yang mengenakan kostum yang bahan bakunya dari tanaman, sehingga secara tidak langsung dapat lebih mengenal dan belajar tentang flora dan fauna.

Selain itu, melalui kegiatan karnaval ini pula, tentu diharapkan dapat lebih mengenalkan anak-anak pada akar budaya bangsa, menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan sekaligus untuk meningkatkan motivasi peran serta masyarakat dalam pembinaan dan penyelenggaraan berbagai program Pendidikan.

Kita semua tentu menyadari, karena seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi dan transformasi budaya ke arah kehidupan modern, serta pengaruh derasnya arus globalisasi, menjadikan eksistensi warisan budaya dan nilai-nilai tradisional masyarakat menghadapi berbagai tantangan.

Hal ini perlu kita cermati bersama, karena warisan budaya dan nilai-nilai tradisional tersebut mengandung banyak kearifan lokal yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini, dan sudah seharusnya dapat kita lestarikan, diadaptasi, atau bahkan dikembangkan lebih luas lagi.

"Mari kita tingkatkan semangat kebersamaan kita dalam mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa ini, dengan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian, menjaga persatuan dan kesatuan, dan selalu berpikir positif dalam menyikapi berbagai isu yang berkembang saat ini, serta terus berjuang bersama membangun Kabupaten Lampung Utara agar senantiasa aman, agamis, maju dan sejahtera." Pungkasnya. (Red)

0 Komentar

Silahkan Komentar