Wakili Bupati Tanggamus, Adjpani Buka Kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)

BlogGua,Tanggamus – Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanggamus, Adjpani mewakili Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, buka resmi kegiatan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten setempat, di Aula Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting. Rabu, 11 September 2019.


Peserta kegiatan berasal dari siswa siswi kelas VIII dan IX perwakilan dari SMP Negeri 1 Gisting, MTS Mathlaul Anwar Gisting, SMP Muhammadiyah Gisting,MTS MA Gisting dan SMP Xaverius Gisting. Yang melatar belakangi kesukuan (Lampung, Jawa, Sunda, Semendo, Tionghua dan lain lain).

Hadir dalam kegiatan Kasat Intelkam AKP. Samsuri.SH.MH., Kasdim 0424 Tanggamus Mayor Infantri Suhada Erwin, jajaran Kantor Kesbang Pol Tanggamus.

Dalam sambutan Bupati, Kepala Kesbangpol, Adjpani menyampaikan, pembauran Kebangsaan ini merupakan Bagian penting dari Kerukunan Nasional yang akan memperkokoh Integritas Bangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya Kabupaten Tanggamus.

Tugas dan kewajiban Pemerintah Daerah terkait dengan Forum Pembauran Kebangsaan ini adalah membina dan memelihara ketentraman, ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman gangguan keamanan di daerah akibat persoalan etnis dan suku bangsa.

“Saya berharap saudara-saudara dapat mengikuti seluruh rangkaian acara dan menyimak materi yang disampaikan oleh para narasumber dengan seksama. Karena kegiatan ini sekaligus sebagai pembekalan yang harus dipahami dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari,”katanya.

Sementar berdasarkan Laporan, Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kasi Bina Idiologi dan Wawasan Kebangsaan, Putri Mayang Sari, menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan ini, agar terciptanya suasana keharmonisan antar etnis dan di pahami bagaimana pentingnya tentang Pembauran Kebangsaan, membina keselarasan antar etnis di Kabupaten Tanggamus. Dan untuk mengantisipasi terjadinya rasisme, sukuisme, dan ethnosentrisme, membina persatuan dan kesatuan antar Etnis untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan Pembauran Kebangsaan di masyarakat kabupaten Tanggamus.

Dalam kesempatan ini, materi dan narasumber masing masing pemateri kegiatan, Yakni “Perlunya memiliki jati diri yang bernilai keutuhan dan kemanusiaan agar menjadi masyarakat yang regilius, humanis, Patriotis dan Demokratis, disampaikan Kepala Kesbangpol.

“Menjaga Harkamtibmas sebagai salah satu kekuatan untuk menjaga keutuhan Bangsa disampaikan oleh Kasi Intel Polres.

“Menumbuhkembangkan keharmonisan, saling pengertian, saling menghormati dan saling percaya diantara anggota masyarakat dari berbagai Ras, Suku dan Etnis disampaikan oleh Kasdim 0424 Tanggamus.

Selanjutnya kesimpulan materi dari Kasi Intel mengatakan generasi muda diharapkan dapat menjaga keutuhan bangsa dan negara, berperan dalam menjaga keamanan, serta ketertiban masyarakat, teladan bagi masyarakat.

Selain itu diharapkan juga pelajar dan mahasiswa jangan mudah terprofokasi yang bersifat destruktif, dan berpacu untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dengan mengembangkan sikap toleransi, menghargai keanekaragaman.

Kasdim pun demikian dalam kesimpulan materinya beliau berharap
Perlunya meningkatkan Iman dan Taqwa, perlunya kesadaran berbangsa dan bernegara, perlunya solidaritas menghargai antar suku,agama dan ras, redam nafsu distiksi untuk menghindari konflik etnis.

Kemudian Kepala Kesbang dalam materinya mengatakan siswa siswi agar dapat menerapkan falsafah orang Lampung yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari dan untuk semua suku di Indonesiapun bisa menerapkannya, diantaranya Piil Pesenggiri, Nengah nyappor, sabai sambayan, bejukuk buadek, nemuinyimah.(kominfo/ron)

0 Komentar

Silahkan Komentar