Bupati Tanggamus Hadiri Kegiatan Malam Syuran dan Pengesahan Warga Baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Tanggamus

BlogGua,Tanggamus - Bupati Hj Dewi Handajani,SE.MM., malam ini menghadiri kegiatan Malam Syuran dan Pengesahan Warga Baru Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)Cabang Tanggamus Pusat Madiun di Padepokan PSHT Gisting Atas, Senin (09/09).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Karjiono, Kadis Kelautan,Edi Narimo, Ketua PSHT Lampung Edi Sunyoto, Ketua PSHT Cabang Tanggamus Sademun,Sekretaris Marsono, Camat Gisting, Uspika Gisting.

Acara diawali dengan pembacaan Qalam Ilahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Dan Mars PSHT.

Dalam Laporannya Ketua Cabang PSHT Tanggamus menyampaikan Pengukuhan malam ini merupakan tahap kedua setelah tahap pertama telah berlangsung Kemarin malam berlangsung di Pekon Argopeni Kecamatan Sumberejo.

Peserta Gelombang Pertama berjumlah 167 orang, dan pada malam ini gelombang kedua, 242 orang yang berasal dari 7 ranting atau Kecamatan yakni Cukuh Balak, Semaka, Kotaagung Timur, Kotaagung, Wonosobo, Sumberejo dan Gisting.

Kemudian sambutan ketua PSHT Lampung membacakan sambutan ketua PSHT Pusat Murjoko HW mengharapkan agar warga PSHT menjadi bersaudara yang memegang teguh persaudaraan sejati, salah sarunya adalah membiasakan saling asah, asih, asuh, diantara warga.

" dimana Warga PSHT menerapkan prinsip Pegang teguh ajaran yaitu tahu yang benar dan yang salah sehingga dapat menjadi jiwa yang lurus dalan kehidupan sehari-hari" Kata Edi Sunyoto

Sementara itu saat memberikan pengarahan Bupati Tanggamus berharap keberadaan PSHT akan lebih semangat lagi tidak hanya besar kuantitas tapi besar dalam kualitasnya.

Selanjutnya, dalam rangka peringati tahun baru Islam 1 Muharrom 1441 Hijriah atau sering disebut bulan Syuro Bupati berharap dan mengajak warga PSHT untuk menjadikan momentum instropeksi diri sehingga kita dapat hijrah atau pindah dari hal yang tidak baik untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Bupati juga mengharapkan kepada warga PSHT untuk bisa menghadapi tantangan melawan hawa napsu yang tidak baik sehingga justru membuat diri menjadi manusia yang kurang baik.

"marilah kita selaku keluarga besar terutama warga PSHT saling memberikan semangat dan mengingatkan antara kita agar dapat berjalan sesuai dengan norma agama, adat istiadat yang berlaku di Indonesia sehingga tercipta suasana yang tenang dan damai" harap Bupati

Bupati melanjutkan, PSHT ini merupakan salah satu seni beladiri yang ada di Indonesia, seperti Tapak Suci, Pagar Nusa dan lainnya yang tujuannya sama yakni suatu wadah untuk menggemleng secara fisik dan spiritual sehingga bagaimana memahami gerakan silat yang bukan hanya lindungi diri tetapi ada filosofinya seperti sikap toleransi, membela yang lemah dan masih banyak lagi kandungan filosofinya. Hal ini bisa terwujud jika seluruh warga solit semua.

Dan kepada generasi muda PSHT yang dikukuhkan beliau yakin ilmu yang didapat selama di Padepokan PSHT dapat menjadi modal untuk dapat berkarya demi Kabupaten Tanggamus bangsa dan Negara.

"untuk itu PSHT saya minta turut membantu memberika kontribusinya bagi pembangunan dan program Pemda Tanggamus. terutama program 55 AKSI kami, tanpa dukungan warga PSHT sebagus apapun program tentu juga tidak dapat terlaksana" pungkasnya

Pada kesempatan itu juga Bupati memberikan bantuan tunai 10 juta rupiah untuk pelaksanaan kegiatan pengukuhan.

Selain itu juga tahun 2020 Bupati akan memberi bantuan Hibah 50 juta rupiah bagi pembangunan Aula Pusat Padepokan PSHT Cabang Tanggamus.(Kominfo)