AJOI Pesisir Barat Gelar Pelatihan Jurnalistik

BlogGua, Pesisir Barat -  Perdana, Jajaran Pengurus Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) DPC Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung menggelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Pelajar SMA/SMK Se-Kabupaten setempat sekaligus sosialisasi mengenai penggunaan sosial media (Sosmed) bagi generasi milenial.

Kegiatan tersebut mengangkat tema "Membangun Kreatifitas Pelajar Dalam Jurnalistik dan Bijak Menggunakan Media Sosial Untuk Generasi Milenial" dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Erlina, Perwakilan Kejaksaan dan Perwakilan Polres, serta Perwakilan orgnisasi pers Kabupaten setempat.

Pelatihan jurnalistik tersebut diikuti lebih kurang 80 peserta tingkat pelajar SMA/SMK, diselenggarakan di Aula STIT Al-Multazam, Kabupaten setempat, Kamis, 26 September 2019.

Dalam laporan Ketua panitia pelaksana, Tri Sutrisno menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua (2) hari, 26 September sampai 27 September 2019.

Adapun pemateri kegiatan diantaranya pihak Polres Lampung Barat, Kanitres Mujiono dan pihak Kejaksaan oleh Kasi Intel Wan Susilo Hadi, dengan pemaparan sekaligus sosialisasi UU ITE, bijak menggunakan media sosial untuk generasi milenial.

Selanjutnya di isi dengan materi teknik menulis berita dan menyunting berita dipaparkan oleh Ketua DPD AJOI Lampung, Romzy Hermansyah selaku pemateri.

Di hari kedua puncak kegiatan yakni praktek dasar kegiatan kejurnalistikan dari menggali informasi, wawancara dan membuat berita bagu paras peserta.

Ketua AJOI DPC Pesisir Barat, Yon Fisoma mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini perdana dilakukan oleh jajaran sebagai bentuk pencerdasan seluruh masyarakat, dimulai dari tingkat pelajar mengenai kejurnalistikan serta pemahaman bagaimana bijak menggunakan media sosial.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, tentu berkat kerjasama jajaran pengurus DPC AJOI Pesibar, dukungan support Pemerintah Pesibar dan pihak-pihak lain.

"Kedepan, agenda ini akan menjadi salah satu kegiatan rutin AJOI DPC Pesibar,"ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Erlina membuka resmi kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut.

Dalam sambutan, Wabup Erlina mengungkapkan apresiasi dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan jurnalistik bagi tingkat pelajar SMA/SMK se-Kabupaten Pesibar.

Kegiatan ini adalah suatu bentuk pencerdasan anak bangsa, pencerdasan bagi seluruh masyarakat dimulai tingkat pelajar.

"Kegiatan ini sangat positif, selain mengenal tentang kejurnalistikan yang didalamnya juga diberi ilmu dasar tentang seorang jurnalis. Termasuk juga adanya pemahaman mengenai bagaimana menggunakan media sosial dengan baik, dan juga mengetahui adanya karena UU ITE yang mengatur tentang dunia digitalisasi kesosial mediaan,"ungkapnya.(red)

0 Komentar

Silahkan Komentar