Nunik Harapkan TK Pertiwi Metro Jadi Juara

BlogGua, Metro - Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik) mengucapkan selamat dan mendoakan TK Pertiwi Metro menjadi juara pada Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019 kategori TK/RA.

"Selamat atas terpilihnya TK Pertiwi Metro sebagai peserta Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019 kategori TK/RA, semoga menang," ujar Wagub Nunik saat menghadiri acara Lomba Sekolah Sehat-Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (LSS-UKS/M) Tingkat Nasional Tahun 2019, di TK Pertiwi Metro, Kecamatan Metro Pusat, Jumat (2/8/2019).

Sebelum memasuki area TK Pertiwi Metro, Wagub Nunik beserta rombongan Tim Penilai LSS-UKS/M disambut dengan beberapa atraksi pertunjukan.

Diantaranya Pencak Silat dilanjutkan pertunjukan Marching Band dan juga adanya penampilan Tari Bedana Massal yang diikuti sebanyak 400 anak.

Wagub Nunik mengatakan Provinsi Lampung yang ditetapkan sebagai salah satu nominasi tingkat nasional pada ajang perlombaan tersebut, hal ini dijadikan sebagai motivasi untuk semua pihak melakukan pembinaan dengan memberikan yang terbaik untuk anak-anak di Provinsi Lampung.

"Ini menjadi kewajiban kita semua untuk memberikan salah satu hak yang dimiliki anak yaitu mendapatkan pendidikan termasuk juga hak kesehatan yang ada di sekolah," katanya.

Nunik menuturkan penyelenggaraan UKS/M ini adalah salah satu upaya pembinaan untuk mewujudkan kebiasaan hidup sehat yang terencana, terpadu dan berkelanjutan dengan melibatkan unsur Pemerintah, sekolah dan masyarakat.

"Ini harus dilakukan secara berkolaborasi, tidak hanya pemerintah dan sekolah saja, terutama juga harus ada peran orang tua," ujarnya.

Nunik juga menyoroti bahwa dimasing-masing sekolah harus memastikan tersedianya jajanan sehat untuk anak-anak.

"Ini menjadi pekerjaan rumah kita untuk memastikan sekolah untuk anak-anak kita sehat. Pastikan juga jajanan dan panganan yang sehat untuk anak kita, ini yang paling penting," katanya.

Nunik menyebutkan Pemprov Lampung terus melakukan dukungan dengan maskimal agar sekolah di Provinsi Lampung salah satunya di Kota Metro menjadi sekolah yang sehat.

"Dengan adanya lomba ini bisa memotivasi kita untuk lebih baik lagi memberikan hak pendidikan untuk anak-anak kita terutama bidang kesehatan. Semangat terus kepada seluruh tenaga pengajar dan pihak terkait untuk mewujudkan sekolah sehat untuk anak-anak kita," ujarnya.

Menurut Nunik, karena menyiapkan yang terbaik untuk generasi kita sama dengan menyiapkan Indonesia agar keberlangsungannya lebih baik lagi.

"Kepada tim penilai semoga Provinsi Lampung dapat menjadi yang terbaik dan dapat menang sehingga menjadi penyemangat untuk kami terus memberikan yang terbaik," katanya.

Seperti diketahui, pada Kamis (1/8/2019) kemarin, Tim Penilai LSS-UKS/M ini juga telah melakukan penilaian Kategori SMP/MTs di SMP Negeri 7 Bandarlampung.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai LSS-UKS/M dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Agung Tri Wahyunto mengatakan bahwa Lomba UKS/M tahun 2019 ini diikuti oleh 24 Provinsi.

Ia menjelaskan untuk jumlah peserta yang akan mengikuti lomba tersebut dikelompokan menjadi beberapa kategori atau jenjang pendidikan.

Agung menyebutkan yakni untuk tingkat Taman Kanak-Kanak sebanyak 21 peserta, tingkat Sekolah Dasar sebanyak 24 peserta, tingkat SMP sebanyak 25 peserta dan tingkat SMA/SMK sebanyak 24 peserta.(Humas Pemprov)

0 Komentar

Silahkan Komentar