Wagub Nunik Ajak Siswa Giat Literasi


BlogGua CN, Bandar Lampung - Wakil Gubernur Chusnunia Chalim alias Nunik ajak peserta didik untuk giat literasi dan mencari informasi utuh menghadapi revolusi industri 4.0.





“Karena saat ini perubahan arus informasi yang luar biasa. Dalam mencari literasi diharapkan dapat mencari yang utuh dan penuh, bisa di dapat dari buku atau literasi lainnya. Cukup berbahaya jika mendapatkan informasi yang tidak utuh,” ujar Wagub Nunik saat membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA/SMK Tahun Pelajaran 2019/2020 di GSG Universitas Lampung, Senin (15/07/2019).





Wagub mengatakan, siswa SMA/SMK adalah putra-putri bangsa yang akan memimpin Indonesia nantinya.





"Saya optimis Provinsi Lampung 10 sampai 20 tahun ke depan akan lebih maju di tangan anakku sekalian," ungkap Wagub.





Nunik menuturkan, saat ini salah satu tantangan yaitu pemakaian gadget dan lainnya. Untuk itu siswa harus bisa memanage waktu dengan baik dan orang tua harus bisa mendampingi terutama untuk akhlak. Tidak menyerahkan semuanya ke pendidik, karena dengan pendidik hanya beberapa jam saja sisanya dengan lingkungan terdekat, seperti keluarga,” katanya.





Wagub Nunik juga mengungkapkan, siswa baru sangat beruntung karena dapat dengan mudah mengenyam bangku pendidikan. Sementara, dirinya dahulu nyaris tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMP karena masih sulit menemui sekolah negeri di tempat tinggalnya. Untuk itu dia harus mendaftar ke sekolah yang jauh dengan menempuh waktu 3 hingga 4 jam perjalanan untuk sampai ke sekolah.





Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah, para guru dan tenaga pendidik. "Semoga terus diberikan kesehatan sehingga dapat melahirkan kader-kader terbaik Lampung untuk mewujudkan Generasi cerdas dan bermoral adalah modal utama menuju Lampung Berjaya,” tambahnya.





Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung Sulpakar dalam laporannya menyampaikan, jumlah kelulusan SMP/MTs sebanyak 133.102 siswa, yang diterima di SMA dan SMK Negeri berjumlah 61.143 siswa. Sehingga diperkirakan 71.959 siswa mendaftar dan masuk di SMA/SMK Swasta atau di MA Negeri/Swasta di Lampung dan luar daerah.





editor: pazri


0 Komentar

Silahkan Komentar