Pj.Sekda Tanggamus, Hamid H.Lubis Silaturahmi Bersama IWAPTA

Bloggua CN, Tanggamus - Pj. Sekdakab Tanggamus, Hamid Heriansyah Lubis, mewakili Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, melaksanakan kegiatan silahturahmi bersama Tokoh Adat Marga Pugung Kecamatan Pugung di Rumah Makan Ratu Kuring, Kecamatan Gisting. Selasa, 02 April 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Ikatan Warga Adat Pepadun (IWAPTA) Kabupaten Tanggamus Juanto Muhazirin Gelar Pusikhah Mego dan Sekretaris IWAPTA Suhaimi Sobri Gelar Pengikhan Adik Suntan beserta Tokoh Adat Marga Pugung lainnya.

Dalam acara tersebut, Pj. Sekdakab menyampaikan komitmen Pemkab Tanggamus dalam pelestarian adat yang ada di Kabupaten Tanggamus, baik Saibatin dan Pepadun.

Dalam program dibidang pelestarian adat, untuk tahap pertama Pemkab Tanggamus akan membangun Sesat Agung (Balai Adat). Ia juga menyampaikan kepuasannya bahwa program tersebut disambut baik oleh IWAPTA.

"Apa yang menjadi program Bupati disambut baik oleh Ketua IWAPTA dan jajarannya. Bahwa yang pertama akan dibangun Sesat Agung untuk wilayah keluarga besar Pepadun, dimana penyediaan lahan nanti akan disiapkan kedepan, dengan target tahun 2020 di bangun secara bertahap. Manfaatnya adalah pelestarian adat budaya, sebab generasi anak cucu kita, harus mengetahui sejarah leluhurnya, terlebih keadatannya sekarang sudah dalam tahap kritis akibat kemajuan teknologi," ungkapnya.

Selain itu Sekda juga menyampaikan bahwa berdasarkan komunikasi dengan IWAPTA, agar bagaimana kedepan IWAPTA memiliki badan usaha. Karena kita punya program unggulan pariwisata, mengapa tidak dari keadatan ini punya badan usaha UMKM, seperti membuat souvenir,  sehingga selain akan lebih mengenalkan adat yang ada, IWAPTA juga bisa memiliki pemasukan sendiri kedepannya.

"Pesan kami kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanggamus, mari kita bersatu karena tidak mungkin Kabupaten Tanggamus ini bisa berlari dengan cepat dan sejahtera,  tanpa kita bersatu,"ujarnya.

Dikesempatan sama, Ketua IWAPTA Hi. Juanto Muhazirin menyampaikan bahwa, pihaknya berterima kasih atas program Pemkab yang dilaksanakan untuk mendukung adat di Tanggamus.

Dirinya juga menyatakan sangat mendukung dan akan terus mendukung selama 5 tahun kepemimpinan Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, terkait apapun kebijakannya yang berpihak kepada masyarakat.

"Kami juga memberikan dukungan penuh terkait dengan perjalanan pembangunan yang dijalankan oleh Bupati,"ungkapnya. (Rilis)

0 Komentar

Silahkan Komentar