Di Musrenbang TA 2019, Bupati Tanggamus Jabarkan Visi Misi

Bloggua CN, Tanggamus - Dalam menata Pemerintahan, Daerah Kabupaten Tanggamus,  saat ini mempunyai visi yang sama dengan nama Kabupaten yaitu Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera (TANGGAMUS).

"Visi tersebut terdapat enam misi yakni, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, unggul, berkarakter dan berdaya saing. Mewujudkan Pekon sebagai titik berat pembangunan bagi kehidupan sosial yang religius dan ekonomi kerakyatan yang berlandaskan pemberdayaan masyarakat,"

Demikian penjabaran Bupati Tanggamus, Dewi Handajani saat sambutan dalam agenda Musrenbang Jangka Menengah Daerah, yang berlangsung di Aula Islamic Center Kota Agung, Kabupaten setempat dengan Tema "Terwujudnya Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera". Senin 28 Januari 2109.

Masih dalam penuturan Bupati Dewi, kemudian visi selanjutanya adalah kemitraan rotong royong dan Bhineka Tunggal Ika, mengembangkan inovasi sektor pertanian dan perikanan dengan dukungan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, menyediakan sarana dan infrastruktur secara berkelanjutan dan berkualitas dan berkeadilan dan merata, serta mewujudkan pembangunan dan pengelolaan sektor pariwisata berbasis kemasyarakatan dan potensi lokal.

Visi dan misi tersebut masih sangat makro dan belum operasional, sehingga harus dijabarkan lebih lanjut kedalam tujuan sasaran, strategi arah kebijakan sampai program prioritas.

"Ini bukan pekerjaan mudah dan tidak bisa dilakukan oleh satu dua orang saja, perlu sinergi, kolaborasi, diskusi serta proses-proses panjang lainnya, termasuk agenda hari ini yaitu RPJMD,"katanya.

Bupati Dewi melanjutkan, penyusunan program dan kegiatan dilaksanakan dan harus mengakomodir secara bertahap 55 Aksi Desa Asik, melalui program inovatif, seperti pelayanan RATU, program pesona Wisata RATU dan program BUDE SAR'I, yang wajib disusun dan dilaksanakan oleh setiap perangkat daerah Kabupaten Tanggamus untuk lima tahun kedepan.

Dalam konteks penyiapan RPJMD yang berkualitas, pimpinan daerah dan tim penyusun RPJMD memastikan bahwa, tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden No.59 tahun 2017, dengan memperhatikan hasil kajian lingkungan hidup strategis (KLHS).

Dalam kerangka penyusunan RPJMD, ada hal-hal yang perlu menjadi perhatian kita semua, yakni seluruh perangkat daerah agar dapat menjabarkan visi dan misi tersebut dengan sebaik baiknya. Lalu, adanya perubahan paradigma pembangunan dari Money Follow Function menjadi Money Follow Program Prioritas, harus benar-benar dilaksanakan.

Selanjutnya, sesuai Instruksi Menteri Pariwisata, agar daerah melaksanakan Calender of Event dalam rangka promosikan wisata, mengurangi model promosi klasikal dan lebih mengarahkan promosi melalui media sosial, dan lainnya.

Lalu dibuat kajian yang mendalam kaitannya dengan penanganan bencana alam, serta simultan dengan penyusunan RPJMD.

"Saya harapkan masing-masing perangkat daerah berproses untuk penyusunan Renstra dengan mengacu RPJMD,"ujarnya.

Sementara itu, Panitia Pelaksana Kegiatan Musrenbang, Plt Kepala Bappelitbangda, Yadi Mulyadi, mengungkapkan, rangkaian pelaksanaan Musrenbang RPJMD dalam rangka penyusunan RPJMD telah dimulai sejak Desember 2017, dengan berbagai tahapan yang telah selesai dilakukan.

Musrenbang RPJMD 2018-2023 dilaksanakan selama dua hari, mulai 28 Januari hingga 29 Januari 2019. Yang dihadiri oleh Kementerian Dalam Negeri RI, Bappeda Provinsi Lampung.

Tujuan Musrenbang yakni untuk penajaman, penyelerasan, klarifikasi, dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran strategi, arah kebijakan, merumuskan komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJMD.

"Sasaran yang ingin dicapai dari Musrenbang RPJMD, tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan aspirasi masyarakat,"ungkapnya.

Diketahui, dalam Musrenbang tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Dandim 0424/Tanggamus Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, Kajari David Palapa Duarsa, Kapolres yang diwakili Kabag Ren Kompol. Misbahudin, Kalapas Kelas II B Kota Agung Sohibur Rachman.

Pj. Sekdakab Hamid H. Lubis, Perwakilan Kemendagri, Perwakilan Kepala Balitbangda Provinsi Lampung, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung, para Kepala OPD dan Camat Pemkab Tanggamus, unsur BUMN, BUMD, swasta, Apdesi, serta perguruan tinggi dan Ormas dan segenap insan pers.(Rilis/Red)

0 Komentar

Silahkan Komentar