Polres Mesuji Giat Apel Siaga Bencana

Bloggua CN, Mesuji – Jajaran Polres Mesuji laksanakan giat apel siaga bencana. Giat apel dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Edi Purnomo didampingi Waka Polres, yang berlangsung di lapangan Mapolres setempat. Selasa 11 Desember 2018.

Pada kesempatan itu, turut hadir  Kepala BPBD, Perwakilan Dinas PU, Perwakilan Dinas Kesehatan, perwakilan Dinas Perhubungan, Kasat Pol PP, Danramil, para pengusaha pengguna Satpam serta pejabat utama dan perwira dan jajaran Polsek Kabupaten Mesuji.

Adapun perserta apel diantaranya unsur Polri, TNI, Pol PP, Dishub, gabungan OPD (Dis PU, Diskes, BPBD) dan gabungan Satpam.

Dalam amanat Kapolda Lampung, yang disampaikan Kapolres Mesuji bahwa, bencana alam merupakan peristiwa yang luar biasa yang dapat menimbulkan kerugian jiwa maupun materiil.

Mengingat dampak yang ditimbulkan tersebut, penanggulangan bencana alam harus dilakukan degan menggunakan cara dan prinsip yang tepat, dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban.

Masih penyampaian Kapolres, memasuki musim penghujan, potensi terjadinya bencana alam sangat besar. Untuk itu, perlu adanya peran dan partisipasi semua pihak dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

Maka dilaksanakannya apel siaga bencana ini, bertujuan untuk memantapkan dan menyiap siagakan personel dalam rangka membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Kabupaten Mesuji.

Hal ini juga merupakan wujud laksana dari amanat UU No.24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak, walaupun sebagai penanggung jawab adalah Pemerintah, namun demikian masyarakat sebagai garda terdepan, perlu ditingkatkan kesiap siagaannya dalam menghadapi bencana.

Usai apel, dilangsungkan simulasi penanganan bencana alam, diantaranya cara padamkan api dengan alat pemadam api oleh BPBD Mesuji,cara menolong atau evakuasi korban akibat longsor maupun terseret arus air akibat banjir serta tata cara Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan/musibah/becana atau disebut P3K oleh Diskes Kabupaten setempat. (ls/red)