Bupati Tanggamus Launching KLT Dan MRC Pelayanan Kesehatan

Tanggamus, Lampungsai.com – Bupati Tanggamus, Dewi Handajani me- Launching Kartu Lansia Tanggamus (KLT) dan Motor Reaksi Cepat Pelayanan Kesehatan (MRS Yankes). Kegiatan Launching berlangsung di Puskesmas Rawat Inap Siring Betik, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten setempat. Senin 19 November 2018.

Dalam kesempatan itu, turut mendampingi hadir Wakil Bupati Tanggamus AM. Syafi'i,  Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Kasdim 0424 Mayor Inf. Suhada Erwin mewakili Dandim 0424, Ketua TP PKK Sri Nilawati Syafi’i, Ketua DWP Nuraini Hamid Lubis, Asisten Bidang Administrasi Firman Ranie, Kapolsek Wonosobo Iptu. Amin Rusbahadi mewakili Kapolres Tanggamus, para Kepala OPD, Dirut RSUD Batin Mangunang, Dirut RS Panti Secanti, para Camat, para Kepala UPTD Puskesmas, serta Kepala Pekon se Kecamatan Wonosobo, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Ormas/LSM serta insan Pers se-Kabupaten Tanggamus.

Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus, Sukisno, mengatakan, pemberian Kartu Lansia Tanggamus (KLT) guna memberi Peningkatan Layanan Home Care dan Kartu Lansia, berupa pemeriksaan rutin dengan Motor Reaksi Cepat Pelayanan Kesehatan.

Pemberian Kartu KLT ini diberikan kepada masyarakat lanjut usia (lansia) yang berusia diatas 65 tahun, agar dapat hidup sehat, mandiri dan tetap produktif. Pemberian kartu ini dilakukan secara bertahap, pada tahun 2018 ini akan diberikan terlebih dahulu pada penduduk lanjut usia (lansia) wilayah Kecamatan Wonosobo, Gisting dan Gunung Alip. Tahap selanjutnya di tahun 2019 akan diberikan kepada masyarakat lansia lainnya di Kabupaten Tanggamus.

Dalam kesempatan sama, Bupati Tanggamus Dewi Handajani mengungkapkan, kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur yang harus diwujudkan sebagaimana dimanatkan dalam UU RI No.36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Dengan salah satu dimensi dasar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah umur panjang dan hidup sehat, yang digambarkan oleh Angka Harapan Hidup saat lahir (AHH).

Berdasarkan data dari BPS, IPM Kabupaten Tanggamus sepanjang Tahun 2015-2017 cenderung meningkat. IPM pada tahun 2015 sebesar 63,66 dan di tahun 2017 menjadi 64,94. Untuk Angka Harapan Hidup Kabupaten Tanggamus juga menunjukkan kecenderungan meningkat, dimana pada tahun 2015 sebesar 67,42 tahun, meningkat pada tahun 2016 menjadi 67,61 tahun, dan tahun 2017 meningkat lagi menjadi 67,8 tahun.

Dalam momen kali ini, masih menurut Bupati, bahwa bersama Wakil Bupati telah mencetuskan Program 55 Aksi, yang salah satu aksinya berupa Peningkatan Layanan Home Care dengan Kartu Lansia, melalui pemeriksaan rutin menggunakan Motor Reaksi Cepat Pelayanan Kesehatan (MRC Yankes) ke rumah sasaran lansia yang memiliki KLT.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan lansia, yang meliputi aspek promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dengan lebih menekankan unsur-unsur proaktif, kemudahan proses pelayanan, santun, pelayanan oleh tenaga prefesional dan melaksanakan pelayanan sesuai standar, baik di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah/swasta maupun di Posyandu Lansia, Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) dan Kelompok Lansia lainnya.

Selain itu juga berharap masyarakat lebih bersemangat untuk melakukan gerakan masyarakat hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, sebagai upaya mewujudkan Indonesia sehat, sejalan dengan tema peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, "Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat".

Diketahui, prosesi acara Launching KLT dan MRC Yankes ini ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus, didampingi Ketua DPRD, Ketua TP PKK, Ketua DWP dan Forkopimda Tanggamus.

Selain itu dilakukan penempelan stiker Motor Reaksi Cepat bagi motor Bidan dan Petugas kesehatan Puskesmas Siring Betik. (Kominfo/ls/red)

0 Komentar

Silahkan Komentar