Banjir Bandang Menerpa Pekon Umbar Kelumbayan Tanggamus

Bloggua CN, Tanggamus - Banjir bandang yang menermenerjang Pekon umbar kecamatan kelumbayan kabupaten tanggamus menyisakan kesedihan dan penderitaan bagi warga pekon tersebut. Kamis 08 November 2018.


Seperti yang diungkapkan oleh Safiq, selaku Sekdes Pekon Umbar, bahwa hujan dengan intensitas tinggi, mengakibatkan jebolnya tanggul penahan banjir di sungai way umbar, meluluhlakan 55 rumah dan mengakibatkan seorang nenek meninggal dunia.


"Di Dusun Sukajadi, jumlah rumah yang hilang 14 rumah dan rumah rusak 17 rumah. Sedangkan di Dusun Sukadamai, rumah hilang 3 rumah, rusak 21 rumah. Dan seorang Ibu bernama Baiji (65) meninggal dunia," jelasnya.


Senada, seperti yang diungkapkan Sekdesnya, Samsuddin selaku Kepala Pekon Umbar, bahwa pasca terjadinya banjir bandang, warga saat ini sangat kekurangan bahan makanan dan pakaian. 


"Saat ini banyak warga yang kelaparan, meraka kekurangan bahan makanan bahkan pakaianpun banyak yang hanya pakaian yang melekat di badan mereka. Kami sangat berharap adanya bantuan dari semua pihak, mengingat saat ini kami sangat membutuhkannya," ujarnya.


Disisi lain, Kadis BPBD, Hi. Romas, saat meninjau lokasi yang tertimpa musibah, beserta tim tanggap darurat memberikan keterangan bahwa, untuk sementara ini pihaknya akan mendirikan tenda pengungsian dan terus menyuplai logistik baik yang sudah sampai atau yang akan menyusul untuk memback-up kebutuhan di Pekon tersebut. 


"Ada satu Dusun yang terisolir disebabkan terputusnya jambatan penghubung dan kami akan berupaya mangatasinya. Dan saya menghimbau supaya masyarakat tetap waspada dan memperhatikan kondisi alam, apabila terjadi banjir susulan," tandasnya.(red)

0 Komentar

Silahkan Komentar